Presentasi karya dari SMK binaan Astra

Mengulang keberhasilan tahun sebelumnya, stuff baca GenerAKSICERDASIndonesia Astra 2015, link pada tahun 2016 ini SMKN 3 Jombang kembali berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Astra Untuk Indonesia Cerdas Kategori Lomba Inovasi SMK Bisa. Kategori ini diperuntukkan bagi siswa SMK yang memiliki inovasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, viagra buy lomba Astra Untuk Indonesia Cerdas  ini ditujukan untuk  SMK binaan Astra Group, seperti Astra Honda Motor, United Tractor, Yayasan Agro Lestari, Astra Auto 2000 dst. Sedangkan untuk kategori Lomba Inovasi SMK BISA, baru terselenggara pada tahun 2016 ini.

Lomba Inovasi SMK Bisa dilaksanakan secara kelompok/tim yang terdiri atas 2 orang siswa dengan 1 guru pembimbing. Mewakili SMKN 3 Jombang, siswa Imron Noor Fawzie dan Austin Fascal Iskandar serta saya sendiri sebagai guru pembimbing, telah berhasil masuk dalam 10 karya terbaik setelah melalui 2 tahap seleksi karya, yaitu seleksi yang dilakukan oleh pihak perusahaan binaan, dalam hal ini United Tractor dan seleksi oleh pihak juri yang telah dipilih oleh Astra.
Dari 10 karya tersebut, dipilih 5 karya terbaik yang masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 5 juta. Sedangkan untuk pemenang utama akan mendapatkan hadiah tambahan uang sebesar Rp. 10 juta. Dan Alhamdulillah.. SMKN 3 Jombang berhasil masuk dalam 5 karya terbaik. Berikut 5 sekolah tersebut:

Video kiriman Amiroh Adnan (@amirohadnan) pada


Kelompok yang telah terpilih selanjutnya berkesempatan untuk mempresentasikan karya inovasinya di depan dewan juri pada tanggal 27 s.d 30 November 2016 di Gedung Head Office Astra International Tbk. di kawasan Sunter Jakarta Utara.

Austin Fascal mempresentasikan karya berupa aplikasi pembelajaran berbasis multiplaform

Pada tahap presentasi karya ini, peserta menampilkan karya yang telah dibuat dan memutarkan video pembuatan dan penerapan karya di lingkungan sekolahnya. Sedangkan materi presentasi disampaikan menggunakan media PPT secara ringkas dan jelas dengan jumlah slide tidak lebih dari 20 slide.

Presentasi karya dari SMK binaan Astra

Pada tahun ini, PEMENANG UTAMA kategori Lomba Inovasi SMK BISA diraih oleh SMKN 1 Tuban, sekolah binaan Astra Auto 2000 dengan judul karya “Pemanfaatan Limbah Siwalan untuk Penyerap Emisi”. Sedangkan SMKN 3 Jombang dengan karya “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multi-Platform untuk Mengurangi Limbah Kertas di SMKN 3 Jombang” menjadi runner up beserta ke-4 karya dari sekolah lainnya (simak video di atas).

Ibu Weilin Han dengan 3T4C

Selain presentasi karya bagi kelompok terbaik, pada kesempatan ini para peserta lomba dan guru pendamping juga berkesempatan untuk mengikuti kegiatan workshop “Creative Teaching” dengan Narasumber Ibu Weilin Han -seorang trainer dan konsultan sekolah- yang menyampaikan tentang bagaimana menjadi seorang pendidik yang menerapkan konsep 3T 4C, yaitu pendidik yang mengajar (teach), melatih (train – yang mendorong muridnya supaya terampil, dan tidak sekedar bisa menghafal), agar para murid dapat bertransformasi menjadi manusia yang mengenal Penciptanya. Untuk mencapai hal itu, menurut beliau, para critical thinker ini dapat dihasilkan bila guru mengajarkan concept secara constructive dan creative.

Para peserta workshop creative teaching

Workshop Creative Teaching ini berlangsung secara aktif dan interaktif sehingga membuat semua peserta terlibat dalam kegiatan ini. Setiap sesi dalam workshop ini diisi dengan permainan yang menggambarkan metode mengajar yang bisa digunakan oleh seorang guru dalam men-deliver konten pembelajaran dengan mengajak siswa untuk berpikir kritis, bertindak kreatif untuk menemukan inti dari materi yang sedang diajarkan secara mandiri.

Kegiatan workshop creative teaching

Lomba Astra Untuk Indonesia Cerdas diselenggarakan setiap tahun dalam rangka mengapresiasi guru dan siswa yang mampu menciptakan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran di lingkungan sekolah berdasarkan kompetensi di bidangnya masing-masing. Selain kategori Lomba Inovasi SMK BISA, juga terdapat lomba jenis kategori lain, seperti kategori Senyum Sapa PAUD Astra, Rumah Pintar Astra dan Inovasi Karya Guru tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Semua informasi terkait Lomba Astra Untuk Indonesia Cerdas dapat dilihat di sini.

Dengan adanya lomba ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi terciptanya karya inovasi  yang digulirkan oleh siswa-siswi SMK dalam menghadapi persoalan-persoalan di era globalisasi ini. Sehingga Sekolah Menengah Kejuruan mampu mencetak lulusan yang inovatif, adaptif dan solutif terhadap perubahan dan permasalahan dibutuhkan di negeri ini.

Semoga SMKN 3 Jombang dapat terus berinovasi dan berpartisipasi dalam kegiatan Astra Untuk Indonesia Cerdas di tahun mendatang dan mendapatkan hasil yang terbaik. Amin