Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019 kembali meraih predikat sebagai Juara Umum pada pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi dengan maraih juara terbanyak dari masing-masing kategori. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran serta Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam mempersiapkan semua peserta yang akan melaju pada seleksi tingkat nasional.

Terhitung sebanyak 3 tahap yang harus kami lalui guna melaksanakan kegiatan pembinaan untuk persiapan ini, yang masing-masing tahap dilaksanakan selama 3 hari. Tahap 1 dilaksanakan di Hotel Grand Surabaya pada tanggal 15 s.d 18 Juli 2019 dan tahap 2 dilaksanakan di Hotel Gunawangsa pada tanggal 18 s.d 21 Juli 2019. Sedangkan pembinaan tahap 3 dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Agustus 2019 tepat menjelang keberangkatan ke Jakarta.

Pembukaan Pembinaan Guru Berprestasi dan Berdedikasi oleh Kabid GTK Ibu Suhartatik

Pada kegiatan pembinaan ini saya dan para peserta dari kategori lain dibimbing untuk menyempurnakan portofolio dan best practice-nya melalui bimbingan para dosen dan juri yang kemarin bertugas menilai kita saat seleksi di tingkat provinsi.

Peserta juga dibimbing untuk membuat karya tulis berupa buku dan membuat media presentasi best practice yang baik. Saya sendiri, karena telah memiliki beberapa karya tulis berupa buku, jurnal dan karya tulis ilmiah, maka saya tidak banyak melalui pembinaan ini untuk membuat karya tulis. Saya lebih berfokus pada penyempurnaan produk/karya siswa dan penyempurnaan best practice yang mendapatkan banyak masukan dari dosen pembimbing untuk dilengkapi.

Saya sangat bersyukur karena mendapatkan pembimbing Bpk. Harmanto, yang sangat berpengalaman dalam menjuri di tingkat nasional, sehingga sangat membudahkan saya dalam berkonsultasi terhadap apa saja yang nantinya akan dinilai dan ditanyakan oleh para juri pada saat penjurian tingkat nasional.

Bpk Harmanto yang sedang menilai presentasi peserta

Beliau juga membimbing kami dalam pembuatan dan penampilan saat presentasi di depan juri tingkat nasional nantinya dengan meminta semua peserta untuk latihan mempresentasikan best practice-nya dengan memberikan batas waktu presentasi selama kurang dari 10 menit. Tentu saja hal ini membuat kami harus mempersiapkan presentasi lebih sederhana namun tidak mengurangi konten penting yang akan disampaikan.

Latihan presentasi

Pembinaan ini dilaksanaan selama 3 tahap secara stripping, sehingga bagi saya ini cukup melelahkan. Saya sendiri menjelang keberangkatan ke Jakarta mengalami kondisi kesehatan sangat drop dan sempat stres karena khawatir tidak bisa menampilkan yang terbaik.

Namun Alhamdulillah.. Allah masih memberikan kekuatan kepada saya melalui doa orang tua, suami dan keluarga sehingga saya mendapatkan kepercayaan diri untuk menampilkan yang terbaik di depan para juri.

Pembinaan guru berprestasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini menjadi kunci sukses para peserta dalam meraih hasil terbaik pada seleksi tingkat nasional, sehingga kami semua harus melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Saya secara pribadi mendapatkan pengalaman dan ilmu yang sangat berharga dari kegiatan pembinaan ini. Maka tak lupa saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Pak Hudiyono (Plt. Ke Dinas Dinas Pendidikan Jawa Timur, Bu Tatik (Ka Bidang GTK Jatim), Ibu kost Arijanti, Bu Nanik, Pak Nano, Pak Anam, Pak Selamet dan teman2 panitia lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu, atas semua fasilitas, motivasi, arahan dan kesabarannya selama menangani kegiatan ini.

Kami mohon maaf apabila selama pelaksanaan kegiatan ini ada salah2 kata dan perillaku..hehe.