Kali ini saya menggunakan judul yang agak serem, “Mengobrak-abrik“.

Bukan maksud saya untuk membuat sesuatu yang baik/bagus menjadi tidak bagus, meski kata itu mempunyai konotasi yang cenderung ke arah itu, “merusak” πŸ™‚

Maksud saya adalah mengubah tampilan CMS menjadi lebih menarik dan sedikit berbeda dari Theme aslinya.

Tulisan ini sebenarnya adalah akibat efek ‘geli’ yang saya alami ketika menjumpai beberapa Blog/Website BERBAYAR yang mempunyai tampilan yang sama persis. Apalagi Website itu dimiliki oleh sebuah instansi yang besar.

Jika Website itu dibuat oleh Orang/Web Developer yang berbeda, mungkin saya bisa memahami (lihat X dan Y). Tetapi kalau website itu dibuat oleh Web Developer yang sama (cek it dot olso… A dan B),Β tentu..seandainya jadi pelanggan, saya akan protes!!!!

**Terkecuali kalau sudah ada kesepakatan sebelumnya πŸ˜‰ **

Memang… ibarat kita memakai/membeli baju (theme), tentu kita tidak bisa mengharapkan orang lain tidak mempunyai motif dan model yang sama, karena baju itu tentu dibuat tidak hanya satu, tetapi dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun, kita tetap bisa membuatnya berbeda dari yang lain dengan Accessories yang kita pakai. Dengan demikian, perhatian orang tidak terfokus ke baju (theme) yang kita kenakan saja.

Maka dari itu, ada baiknya, seorang Web Developer (terutama bagi web developer pemula yang sudah berani pasang iklan), benar-benar mempertimbangkan pemilihan Theme saat memulai membuat sebuah Website.

Jika terpaksa harus menggunakan Theme yang sama, ada baiknya kita modifikasi Theme tersebut sehingga terlihat (sedikit) berbeda dengan theme yang sudah kita gunakan sebelumnya (chek it, K dan L).

Saya yakin, para web developer adalah orang-orang yang faham akan dunia coding (minimal HTML dan CSS). So, that’s not a big problem to make it different from the others.. **Hush!-pake-ke-inggris2an-segala πŸ˜‰ **

Bahkan jika perlu, buatlah theme sendiri yang berbeda dengan yang lain.

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk memodifikasi Theme yang ada menjadi terlihat berbeda. Anda bisa melakukan perubahan -saya ulangi- Perbaikan πŸ™‚ pada :

  • Warna dan Background Theme.

Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengubah warna dan background Theme.

Diakui atau tidak, warna yang berbeda, membuat persepsi orang terhadap sebuah tampilan web akan berbeda pula (dari warna theme kebanyakan –PUTIH-).

Gunakan warna yang teduh, dan tidak terlalu mencolok, sehingga pengunjung tidak silau dan betah berlama-lama di website kita.

Hal ini bisa anda lakukan dengan mengedit file CSS dari theme tersebut. Tentu pemahaman akan code HTML dan CSS sangat diperlukan dalam hal iniΒ  πŸ™‚

  • Header Theme, termasuk Logonya.

Anda bisa membuat Logo Theme yang semula Statis, menjadi terlihat Dinamis dengan menggunakan gambar berformat SWF. Dan lagi2, saya sarankan untuk tidak menggunakan motif/efek yang sama dengan logo yang pernah anda buat sebelumnya.

Referensi, jika anda menggunakan Joomla, silahkan baca MEMODIFIKASI TEMPLATE JOOMLA 1.6 (Seri Belajar Joomla -12).

  • Menu-menunya.

Anda bisa mengubah tampilan menu dengan mengganti Items menunya, atau tombol yang ada menjadi bentuk lain yang lebih menarik.

Jika anda kesulitan membuat tombol, anda bisa membuatnya secara instant di http://flashvortex.com/ .

Jika memungkinkan, anda bisa memberikan Program tambahan yang anda buat sendiri menggunakan PHP+MySql atau program lainnya dan menautkannya pada Menu yang ada.

Sebagai referensi, silahkan bacaΒ MEMBUAT CUSTOM MENU PADA WORDPRESSΒ  dan jika anda menggunakan Joomla, silahkan baca MEMBUAT DAN MENGEDIT MENU JOOMLA 1.6 (Seri Belajar Joomla -8)

  • Mengubah Posisi dan menambah Variasi Module/Component (Joomla) atau Widget (WordPress).

Ini penting untuk membuat tampilan Sebuah Website menjadi lebih cantik.

Namun, sebaiknya anda menggunakan Module/Component/Widget yang sekiranya bermanfaat buat pengunjung dan pemilik website. Jadi, tidak sekedar untuk memenuhi sidebar website anda, karena hal ini akan membuat Web/Blog anda terlihat ramai dan norak.

Referensi, Silahkan baca MEMAHAMI JOOMLA EXTENSION (Seri Belajar Joomla -7), MELIHAT POSISI MODULE JOOMLA 1.6 (Seri Belajar Joomla -13) , Beautiful Joomla Slide Show! (Seri belajar Joomla -14) , MEMBUAT BUKU TAMU (GUESTBOOK) DI JOOMLA 1.6 (Seri Belajar Joomla -10) dan seterusnya.

Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk membuat sebuah Website berbeda dengan yang lain. Terutama pada isi/konten Website itu sendiri…

Jadi, berkreasilah supaya Website Anda menjadi berbeda… Bukankah anda senang, jika ada orang bilang, “Lek-dis! alias, gue suka blog loe..??!!” πŸ™‚