Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik dan meningkatkan peran siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Gamification.

Gamification bertujuan untuk yang mendorong peran serta siswa, meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dengan cara menerapkan konsep game (permainan) ke dalam konsep non-game (pembelajaran) dengan memberikan reward berupa nilai/poin, badges, atau level permainan.

cubepoints

Dan jika anda menggunakan blog sebagai salah satu media dalam pembelajaran anda, maka anda menerapkan konsep gamifikasi ini dengan cara dapat mengoptimalkan blog anda tersebut tidak hanya sebagai media belajar, melainkan juga sebagai media yang dapat mendorong siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran berbasis blog, seperti mengakses materi, melakukan diskusi/memberikan komentar, menuliskan artikel dan seterusnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan penghargaan (point) terhadap siswa yang aktif dalam blog anda.

Adalah CubePoints, sebuah plugin wordpress yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan interaktifitas siswa pada media pembelajaran blog anda. Plugin ini memungkinkan anda untuk memberikan point kepada siswa yang aktif berdiskusi, memberikan komentar bahkan siswa yang aktif mengirim artikel/postingan pada blog anda.

Untuk melakukan instalasi, anda hanya perlu mengunduh plugin tersebut melalui situs resmi WordPress dan menginstal serta mengaktifkan plugin tersebut seperti biasa. Setelah anda mengaktifkannya, maka menu CubePoints akan tampil pada deretan sidebar sebelah kiri.

Selanjutnya anda dapat melakukan pengaturan nilai/point pada menu Configure seperti pada gambar di atas.

Untuk menampilkan point tersebut pada blog, anda dapat mengaturnya melalui menu Appearance > Widget dan tempatkan widget CubePoints tersebut pada tempat (sidebar) yang diinginkan. Berikut adalah contoh tampilan widget CubePoints :

Plugin tersebut secara default tidak menampilkan avatar user yang mendapatkan point. Namun dengan sedikit modifikasi pada script php-nya anda dapat menampilkan avatar siswa anda tersebut. (Untuk menampilkan Avatar, akan saya bahas pada postingan tersendiri :D)

Dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif pada blog pembelajaran kita, diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong siswa dalam belajar dan berperan aktif dalam blog pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar mereka.

Silahkan dicoba, mudah-mudahan bermanfaat 😀