Selalu saja menyenangkan, viagra saat berada di tengah-tengah guru yang haus akan sesuatu yang baru, pengetahuan baru..suasana baru..model pembelajaran baru. Para guru yang selalu ingin meningkatkan kompetensinya, berubah untuk menjadi lebih baik.
Bersyukurlah wahai para guru..ketika semangat untuk hijrah itu masih ada. Bersyukurlah wahai para guru, ketika kesempatan untuk berubah itu masih ada. Bersyukurlah wahai para guru, ketika semua fasilitas mendukungmu.

Semangat itulah yang saya temui saat berada di tengah sekitar 30 orang guru SD/SMP/SMA se-derajad di Kota Batu, Malang. Pagi buta, setelah menjalankan sholat subuh saya berangkat menuju kota ini untuk bertemu mereka. Hari itu agaknya saya merasa mendapatkan semangat yang sama dengan para guru ini, semangat untuk menguliti Portal Rumah Belajar Kemdikbud dan LMS Dinas Pendidikan Prov. JATIM.

Acara yang sempat tertunda beberapa kali ini, tidak mengurangi semangat kami untuk berbagi. Dan bertempat di UPTD Dinas Pendidikan Kota Batu, kami belajar membuat dan mengaplikasikan Kelas Maya sebagai media pendukung proses pembelajaran di sekolah.

Jika pada kegiatan sebelumnya, hari pertama peserta mendapatkan materi LMS Dindik Jatim yang disajikan oleh Bpk. Dr. Arif Muntasa, maka untuk kali ini mereka menerima materi ini pada hari kedua. Sedangkan Kelas Maya kami berikan pada hari yang pertama. Beberapa peserta rupanya sudah pernah mengikuti pelatihan yang sama, sehingga tidak ada kendala yang berarti pada pelatihan kelas maya kali ini. Mereka lebih mudah untuk menyerapnya.

Koneksi internet yang belum tersedia di lokasi, sempat menjadi kendala beberapa saat. Tidak tersedianya koneksi internet pada hari itu, dikarenakan acara yang sempat tertunda beberapa kali, membuat panitia lokal sedikit khawatir jika acara tertunda lagi, sehingga mereka melakukan persiapan apa adanya.

Namun, hal ini segera teratasi setelah panitia mengkomunikasikan hal ini kepada pihak Telkom Speedy setempat dan kegiatan ini pun berjalan dengan lancar sampai akhir kegiatan hari itu, yaitu sesi presentasi.

Sesi presentasi menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menyajikan hasil Kelas Maya yang telah dibuat oleh para peserta. Dan 2 orang peserta telah cukup mewakilinya.

Sesi presentasi telah berakhir dan kamipun menutup acara hari pertama ini dengan bacaan Alhamdulillah.. Kegiatan di Kota Batu Malang ini sekaligus menjadi penutup kegiatan Road Show Sosialisasi Portal Rumah Belajar Kemdikbud dan LMS Dindik Jatim untuk 20 Kota/Kabupaten pada tahun 2013 ini.

Mudah-mudahan pada tahun mendatang Dinas Pendidikan Prov. Jatim, dalam hal ini Tekkomdik, dapat kembali melaksanakan kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM Guru di bidang TIK, untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas mengajar kita demi masa depan generasi anak didik kita. Amin YRA 😀