Menjadi juara adalah mimpi bagi semua orang yang sedang mengikuti perlombaan. Apalagi juara 1, approved Wow!!

Bagi saya, mengikuti ajang kompetisi pembuatan Web / Blog Guru yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur adalah pengalaman pertama.

Para Pemenang Lomba Webblog dan Karya Tulis Ilmiah

Tidak pernah terlintas sedikitpun dalam benak saya ketika menciptakan sebuah webblog pribadi (http://amiroh.web.id) untuk diikutkan lomba seperti ini. Yang ada adalah bagaimana merekam semua yang ada diotak saya dalam sebuah tulisan yang bisa saya bagikan kepada orang lain melalui media Web/Blog, terutama buat anak didik saya ketika mengajar di Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMKN 3 Jombang dan pada Guru-guru Peserta Workshop, saat menjadi Fasilitator pada Workshop  Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Ujian Berbasis TIK di Kab Jombang.

Dan memang begitulah kenyataannya, saya banyak terbantu dengan postingan – postingan saya yang sering kali saya butuhkan saat itu, yang kadang-kadang saya sendiri sudah lupa 🙂

Pernah suatu hari saya belajar LMS Moodle 2.0 (yang fiturnya jauh berbeda dengan yang saya pelajari sebelumnya -Moodle 1.9-), hampir setiap hari saya mengobrak-abriknya, tetapi selalu tersesat ketika ingin menuju ke sebuah aktivitas tertentu.

Akhirnya, saya berfikir untuk menulis setiap step yang lalui, dan akhirnya tercipta postingan-postingan dalam Kategori Moodle, yang ada di blog ini. Begitu dengan postingan-postingan  yang lain, yang mana hampir semua postingan adalah berasal dari pengalaman yang tidak mengenakkan ketika mempelajari topik tertentu, dan sudah melalui uji coba sebelumnya. Jadi bukan copy paste dari blog lain, meski saya banyak belajar dari blog teman-teman blogger yang ilmunya jauh melebihi saya.

Dan Alhamdulillah, akhirnya, aktifitas menulis (baca. blogging) menjadi hobby yang membawa berkah -secara tidak sengaja-.

Saya jadi teringat, waktu itu awal tahun 2000-an, ketika saya menciptakan Blog saya untuk pertama kali, bernama http://amiroh.tripod.com. Kala itu, sangat jarang (hampir tidak ada) seorang (secara pribadi), terutama seorang guru memiliki Blog Pribadi. Sangat berbeda dengan sekarang. Tentu saja waktu itu masih belum populer CMS seperti saat ini, sehingga saya membuat Blog saya menggunakan Kode-kode HTML yang saya pelajari secara otodidak.

Menciptakan sebuah blog dengan bahasa pemprograman web, menjadi kepuasan tersendiri, yang tidak saya temui ketika saya membuatnya dengan menggunakan CMS. Dan itu berlangsung sampai akhir tahun 2010 (saya masih menggunakan kode-kode pemprograman Web – Manually-).

Namun, jujur saya tidak tahan dengan pesona CMS yang menawarkan berbagai macam kemudahan dan fitur yang sangat bagus serta bervariasi dengan SEO yang handal. Maka, Apa boleh buat, akhirnya saya Bertekuk lutut pada CMS (Joomla dan WordPress).

Penguasaan dasar-dasar Pemprograman Web menjadi senjata sangat penting ketika saya ingin mengubah, memodifikasi bahkan menambah fasilitas-fasilitas tertentu pada sebuah theme yang ada, disamping penyajian tutorial yang dengan bahasa yang tidak terlalu formal, tetapi tetap tidak mengurangi konten materi yang dibahas, mungkin yang membuat blog ini sedikit berbeda dengan Blog Guru pada umumnya.

Meski sangat jauh dari sempurna, saya bersyukur bisa berbagi ilmu melalui blog ini. Mudah-mudahan, keterbatasan ilmu yang saya miliki selalu menjadi cambuk untuk selalu belajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan demi kemajuan diri sendiri dan anak didik kita. Amin