Artikel ini lanjutan dari Artikel sebelumnya (yang saya ambil dari Blog Kompasiana.com) karena saya tertarik dan ingin berbagi dengan Anda. Nih dia .. lanjutannya..

Pelamar kedua mempresentasikan teknik yang berbeda. Ketika rak baru diisi, click maka semua data tentu akan ditempatkan berurutan. Seluruh letak data pada rak dicatatnya pada sistem jurnal yang diletakkan pada awal rak. Ketika ada data yang keluar atau dihapus, sildenafil dia akan mencatat besarnya ukuran rak yang kosong akibat data yang dihapus tadi. Ketika masuk data yang baru, health dia akan memeriksa besarnya data, lalu memeriksa sistem jurnalnya untuk mencari rak kosong yang cukup untuk menampung seluruh data dalam rak yang berdampingan, dan disanalah data tersebut akan diletakkan. Dengan cara ini, data tidak akan pernah berada dalam keadaan terpecah-pecah, dan tentu saja akan mudah menemukan data dengan lebih cepat.

Ini hanyalah ilustrasi yang sangat sederhana. Pengelolaan hard disk jauh lebih kompleks daripada contoh sederhana ini.

Saya pikir anda sudah bisa melihat perbedaan menyolok dalam kedua teknik pengelolaan rak tadi. Windows menggunakan metode pelamar pertama, sementara Linux menggunakan metode yang kedua. Karena itu, semakin sering anda menggunakan Windows, akan semakin banyak file yang terpecah-pecah atau mengalami fragmentasi, dan semakin lambat pula anda akan mengakses suatu data. Dengan Linux, ini tidak akan terjadi.

Anda juga bisa mengambil langkah drastis, misalnya dengan menginstal ulang Windows anda. Tentu saja ini akan membuat Windows menjadi cepat kembali seperti sediakala. Namun, sekali lagi, semakin lama menggunakan Windows, kecepatan akan semakin menurun.

Jika anda memakai Linux, dua atau tiga tahun lagi komputer anda masih sama cepatnya seperti ketika anda menginstal Linux pertama kali. Sistem komputer anda akan tetap sama responsifnya dengan hari ketika anda pertama kali menginstal Linux. Linux sangat membantu anda memaksimalkan waktu anda untuk bekerja tanpa perlu menginstal ulang sistem operasi anda beberapa tahun lagi. Satu-satunya masalah kecepatan yang akan timbul jika anda menggunakan Linux adalah ketika hard disk anda sudah terisi sampai 99%! Jadi, pastikan Anda memiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari gunakan Linux. Jika anda masih ragu, anda boleh menggunakan dual-boot Linux-Windows tanpa perlu kuatir dengan data di Windows anda. Kelebihan lain dari Linux adalah Linux bisa membaca hard disk dengan format FAT dan NTFS. Jadi, jika anda menggunakan dual boot Linux-Windows, semua data anda di Windows bisa dilihat dengan menggunakan Linux. Sedangkan Windows tidak bisa bisa membaca hard disk dengan format Ext2, Ext3, apalagi Ext4.

Semua terserah anda!

Dirangkum dari berbagai sumber: Kompasiana, Google dst