Artike ini saya peruntukkan bagi siswa Teknik Komputer Jaringan dan merupakan bagian dari materi Instalasi Sistem Operasi Dasar kelas X.

Hal pertama yang sebaiknya diketahui oleh siswa saat mempelajari sistem operasi Linux, adalah sejarah sistem operasi linux itu sendiri.

Linux dibuat oleh Linus Benedicts Torvald yang merupakan hasil utak atik beliau atas kernel Minix. Minix ini merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum, seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda.

Adapun Minix ini digunakan untuk keperluan pengajaran dan pendidikan. Unix sendiri adalah sebuah sistem operasi yang telah lama ada (bahkan sebelum kemunculan sistem operasi buatan Microsoft) dan saat ini kebanyakan berjalan pada komputer server dan komputer besar lainnya (selain komputer personal).

Unix merupakan cikal bakal lahirnya linux, namun linux bukanlah merupakan turunan dari sistem operasi Unix, karena linux tidak dibuat dari kode program Unix. Meski begitu, linux memiliki cara kerja dan sistem direktori menyerupai Unix.

Beberapa sistem operasi yang merupakan turunan dari Unix :

Sistem Operasi Unix dibuat spesifik untuk jenis mesin tertentu, berbeda dengan Linux yang keberadaannya ditujukan untuk sistem arsitektur x86 yang banyak beradar di pasaran. Perbedaan mendasar linux dengan sistem operasi lainnya adalah sifatnya yang OpenSource.

Saat ini Linux menjadi sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya? windows 9.x/NT/2000/ME).

Sistem operasi terkenal untuk hp dan komputer tablet yang berisi kernel Linux adalah Android.

Referensi : dirangkum dari berbagai sumber