Beberapa hari yang lalu (28-29 November 2012) saya berada di Kampus Universitas Airlangga, buy tepatnya di Gedung Manajemen, dosage Kampus C, untuk berkumpul bersama guru-guru blogger seluruh Indonesia dalam “Konferensi Nasional Guru Blogger se-Indonesia“. Acara ini diselenggarakan UNAIR Surabaya dalam rangka Dies Natalis Universitas Airlangga ke-58.

Konferensi tersebut merupakan bentuk pengabdian Universitas Airlangga kepada masyarakat, terutama untuk guru di Indonesia. Kegiatan ini mendatangkan keynote speech Staf Ahli Keminfo, Bpk. Dr. Suprawoto, SH, M.Si, Pakar Pendidikan ITS Prof. Daniel M. Rosyid, Ir. PhD, M.RINA, Presenter MetroTV Fessy Alwi, SH.,M.Kn dan Group Head Partnership Project PT. Indosat, TBk dan pembicara lain yang sangat kompeten di dunia pendidikan. Topik konferensi nasional ini adalah “Pemanfaatan Media Blog untuk pembelajaran”, “Pembelajaran kreatif berbasis karakter” dan Kemungkinan “Kelas Tanpa Tatap Muka“.

Acara konferensi ini memang berbeda dari yang pernah saya ikuti sebelumnya, karena pada acara ini, para guru terpilih juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan makalah yang sudah dikirimkan sebelumnya dan memenuhi kriteria untuk dipresentasikan. Bersyukur saya termasuk dalam salah satu dari pemakah terpilih tersebut. Acara presentasi makalah dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana setiap kelompok bisa sharing dan berdiskusi tentang makalah yang disampaikan.

Menutup sesi hari pertama saya dan salah keynote speech, Mbak Fessy Alwi berfoto bersama… 😉

Hari kedua, sesi pertama, dilaksanakan Workshop Jurnalistik Online yang dipandu oleh Redaktur Pelaksana Republika Online, Bpk M. Irwan Ariefyanto, S.Kom. Pada sesi ini, para peserta sangat antusias terhadap presentasi dan paparan Bapak Irwan yang sangat energik dan menyenangkan.

Dilanjutkan dengan Materi Blog Guru Indonesia dipandu oleh Bpk. Andry Yudianto, S.Kom selaku DSI Unair. Para peserta dipandu untuk membuat blog guru di http://guru-Indonesia.net, unair menyediakan space hosting dan domain gratis untuk sekolah, siswa dan guru indonesia yang belum memiliki atau sudah memiliki blog dan ingin memiliki alternatif di guru-indonesia.net.

Sesi kedua adalah penyerahan hadiah kepada para pemenang Blog guru terbaik, blog Fakutas Unair terbaik, Guru Penulis Kreatif, Blog sekolah terbaik dan seterusnya. Perlu diketahui bahwa Unair mengadakan beberapa perlombaan dan pameran yang diikuti baik oleh Civitas Akademika Universitas Airlangga sendiri (Mahasiswa/Dosen/Fakultas) maupun Sekolah dan Guru di seluruh Indonesia.

Dan Alhamdulillah saya mendapatkan Juara II Guru Penulis Kreatif 🙂

Pada akhir sesi, dilaksanakan test online untuk menguji pengetahuan guru dalam bidang blogging dan kemampuan dalam mengoperasikan dan mengeksplor website guru-indonesia.net

Dua hari mengikuti konferensi ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan sekaligus saya banyak belajar dari acara ini.

Mudah-mudah tahun depan saya masih berkesempatan untuk bersua dengan para guru blogger indonesia dan bisa sharing bersama. Amin