Hari pertama di tahun baru 2013, agaknya harus saya lewati dengan sepi.. lantaran kedua buah hati memutuskan untuk menghabiskan suasana tahun baru ini di Kota Surabaya bersama keluarga lain untuk menjelajahi mall dan tempat hiburan yang ada di sana.

Memang, Ibu Kota Jawa Timur ini, selalu memiliki magnet untuk menarik pengunjung mendatanginya. Termasuk kami yang dari daerah kecil, Kota Jombang.

Di kota kami, meski banyak mall-mall kecil (mini market) yang hampir setiap hari kami kunjungi, namun tetap saja pesona mall dan tempat hiburan di Surabaya tidak bisa mengalihkan keinginan anak-anak untuk menghabiskan waktu liburan mereka di Kota ini.

Sederet agenda telah dipersiapkan oleh anak sulung saya jauh hari sebelum tahun baru tiba, termasuk menonton film kesukaannya di bioskop 21. Hm.. jadilah tinggal kami berdua di rumah, seppih!!

Hari ini, praktis tidak ada aktivitas di luar rumah yang bisa saya lakukan. Karena hujan mengguyur seharian penuh… Maka bersih-bersih rumah, memasak, nonton newstainment (terutama beritanya Pak Jokowi 🙂 ) menjadi pilihan kedua, setelah aktivitas nge-blog 😀

Ya..ya… Hampir seluruh waktu saya hari ini saya habiskan di depan komputer. Bukan untuk membuat postingan baru, melainkan berkutat dengan cpanel, untuk bersih-bersih dari sampah kecil yang disusupkan dan ditinggalkan oleh hacker.

Beberapa hari ini, blog saya memang lagi tidak aman, banyak yang mengintai, terutama para hacker (newbie) yang seakan tidak pernah lelah memata-matai blog ini. Saya tidak tahu, kenapa mereka suka sekali terhadap blog ini.. 😛

Dan.. bertempur melawan hacker, seakan menjadi rutinitas yang harus saya lakukan.

Dulu, ketika awal nge-blog, saya selalu panik ketika melihat blog saya kena hack. Namun sekarang… blog di-hack, rasanya.. udah biasa!

Tidak dipungkiri bahwa berkutat dengan hacker, membuat saya, akhirnya mengetahui celah mana saja dari blog saya yang masih bisa ditembus oleh hacker. Berkutat dengan hacker, juga membuat saya jadi hafal perilaku para hacker dan bagaimana cara mengatasinya.

Jadi kalau dipikir-pikir, ada untungnya juga. Bisa belajar lebih banyak tentang security web.

Apakah anda pernah berpikir, bahwa hacker adalah seorang yang pintar… karena bisa meretas website/blog seseorang ??

Hm.. Jika iya, maka sebaiknya anda buang jauh-jauh pikiran itu. Sebab kebanyakan dari mereka, terutama hacker Indonesia, hanyalah pengguna script SQL dari hasil copy paste. Atau jika tidak, mereka cuma menjalankan software buatan orang asing untuk mengehack blog tertentu. Jadi mereka hanyalah pengguna, dan pengguna tidak sama dengan pencipta.

Nah, kalau cuma gini, anak TK-pun bisa..ha..ha.. 😛 Komunitas mereka pun kebanyakan masih menggunakan blog gratisan.. Tahukah anda kenapa mereka menggunakan blog gratisan??

Yah… karena mereka tidak punya modal!! ya… memang blog gratisan relatif stable dan aman! Jadi, bisa dibilang mereka memang tidak siap diserang oleh komunitasnya sendiri ??!! Siap menyerang, tetapi tidak siap diserang

Julukan apa yang paling pantas diberikan kepada komunitas ini…. ???? Ciyus… apa ada yang masih bisa dibanggakan?

Hmm… Mengaku Hacker Indonesia, tetapi aktivitasnya malah merusak blog/situs orang Indonesia…

Memang kebanyakan generasi muda sekarang, nggak bisa jauh dengan aktivitas kriminal, kalau nggak tawuran ya..mengganggu orang. Kenapa mereka tidak berfikir untuk mengukir berprestasi, selagi masih muda..???

Namun, saya hargai aktivitas para hacker gadungan ini. Karena kebanyakan dari mereka adalah anak-anak, yang notabene sukanya coba-coba. Jadi, saya ikhlas kalau blog saya menjadi ajang coba-coba para hacker newbie itu. Silahkan saja..

Karena sampai kapanpun, Kejahatan tidak akan bisa mengalahkan kebaikan..

Do’a saya, Mudah2an Allah mengampuni dosa-dosa mereka, dan selalu memberikan kekuatan, ilmu yang manfaat dan rizqi yang berkah bagi pemilik blog ini :D, termasuk para pengunjung yang selalu ingin mencari ilmu di sini, untuk kebaikan!!

Selamat tahun baru…2013, mudah-mudahan tahun ini membawa berkah bagi semuanya. Amin.. Cheers!!