Para juri dan peserta lomba MembaTIK wilayah Surabaya Jawa Timur

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap akhir tahun selalu menjadi bulan kemeriahan bagi para guru, karena pada akhir tahun (bulan November) selalu banyak kegiatan baik workshop maupun lomba kreatifitas guru, dalam rangka menyambut hari guru setiap tanggal 25 November. Salah satu lomba yang sempat saya ikuti tahun ini adalah lomba membuat bahan ajar berbasis TIK (MembaTIK).

Brosur lomba MembaTIK

MembaTIK merupakan kegiatan lomba tingkat nasional yang dihelat oleh Pustekkom Kemendikbud RI dan ditujukan untuk para guru SD/SMP/SMA/SMK sederajat yang dikemas dalam bentuk workshop, dimana pada kegiatan ini para guru membuat bahan ajar berbasis TIK dengan topik konten yang berkaitan dengan mata pelajaran dalam bentuk multimedia interaktif.

Pembukaan lomba MembaTIK secara bersamaan melalui video conference di BPMTV

Kegiatan ini diselenggarakan serentak di 5 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogjakarta, Makassar dan Banjarmasin. Dari sekian banyak peserta yang mendaftar online melalui website https://belajar.kemdikbud.go.id/Membatik/,  pada masing-masing kota akan dipilih 30 konten media terbaik yang diundang untuk mengikuti kegiatan workshop selama 2 hari di tempat yang telah ditentukan. Pada workshop tersebut masing-masing peserta berkesempatan untuk mempresentasikan media yang telah dibuat dihadapan juri dari pustekkom kemdikbud RI  dan selanjutnya dipilih 3 konten media terbaik dari masing-masing kota.

Pembukaan lomba MembaTIK oleh Sesjen Kemdikbud dan Kepala Pustekkom 
di BPMTP Sidoarjo Jawa Timur

Daftar peserta lomba membaTIK 2017 wilayah Surabaya Jawa Timur

Saya sendiri mengikuti kegiatan ini di wilayah Surabaya, yang diselenggarakan di The Alana hotel Surabaya. Dan dari 30 peserta, alhamdulillah SMKN 3 Jombang mendapatkan peringkat 1 dari 30 konten terbaik yang ada, disusul oleh SMKN 5 Malang dan SD ISLAM TERPADU INSAN PERMATA.

Juara 1 dari SMK Negeri 3 Jombang

Juara ke-2 dari SMK Negeri 5 Malang

Juara ke-3 dari SD ISLAM TERPADU INSAN PERMATA

Kegiatan MembaTIK yang dilaksanakan pada tgl 24-25 November 2017 ini merupakan tahun ke-2 setelah sebelumnya dilaksanakan sekitar bulan Februari tahun ini. Bahan ajar yang telah terpilih selanjutnya akan menjadi konten KARYA GURU pada portal http://belajar.kemdikbud.go.id dan bisa dijadikan sebagai media/referensi bagi para siswa dan guru dalam belajar di sekolah.

Saya sampaikan terima kasih kepada Pustekkom Kemendikbud RI yang telah mendorong dan selalu memberi kesempatan kepada kami untuk terus berkarya demi kemajuan pendidikan putra putri kita.

Motivasi dan pesan kesan kepada para juri dan peserta lomba MembaTIK

Note:
Hasil karya MembaTIK bisa dilihat di http://bit.ly/2js1C5f (versi desktop).

~ Guru Mulia Karena Karya ~