Wisudawan angkatan 2013-2015

Duluu.. Di awal perkuliahan, dosen wali saya Bpk. Hartarto Junaedi, pernah berpesan bahwa hal paling penting dalam perkuliahan S2 adalah TESIS. Saat itu saya tidak begitu menghiraukannya, saya hanya bertekad untuk bisa kuliah dengan nilai IP di atas 3.5 per semesternya.. bahkan kalau bisa yaa.. 4! haha..
Bagi saya IP yang tinggi mengindikasikan bahwa saya telah menerima materi yang diberikan saat kuliah dengan baik.

Alhamdulillah, selama 1,5 tahun perkuliahan, melalui perjuangan yang lumayan berat, semua berjalan dengan lancar. Saya katakan perjuangan berat, karena pada jenjang S2 ini banyak mata kuliah baru yang belum pernah saya pelajari saat kuliah S1 pada awal tahun 2000an. Seperti mata kuliah machine learning, web mining, data mining, web related technology dan beberapa mata kuliah lainnya.

Namun dengan usaha yang keras, alhamdulillah saya bisa memperoleh IP diatas 3.5 per semesternya, sampai pada saatnya saya harus menyelesaikan tesis.
Duh.. kalau ingat tesis, saya jadi pengen menangis. Gara-gara tesis ini, kuliah saya jadi molor sampai 4 tahun. Sebenarnya, saat memasuki semester 3 saya telah menyiapkan proposal tesis saya, namun saat sidang, proposal saya ditolak dan diminta untuk mengganti dengan topik yang berbeda 🙁

Pada dosen STTS

Kecewa, karena tidak biasa menerima penolakan, akhirnya saya pun muthung (baca ngambek) dan membiarkan tesis saya mangkrak selama lebih dari 1 tahun. Saat itu saya ingin melupakan kuliah dan melampiaskan kekecewaan dengan mengikuti berbagai kegiatan di luar kuliah dan mengajar, seperti kegiatan workshop dan kompetisi. Terhitung ada 7 event kompetisi yang saat itu saya ikuti dan alhamdulillah bisa sedikit menghilangkan kekecewaan saya. Seperti Juara 2 Guru berprestasi Tk. Kabupaten Jombang, Juara I Microsoft Office Sway – 21st Century LearningMicrosoft Innovative Educator Expert (MIEE) 2015Juara 2 Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran SMK 2015Pemenang Lomba Inovasi Guru Kreatif Astra 2015Pemenang Lomba Indonesia Digital Learning (IDL) – My Teacher My HeroThe winner of Microsoft Educator Exchange (E2) Hack Class Award dan kegiatan workshop sertifikasi profesi lainnya.

Saat larut dalam kegiatan tersebut, tiba-tiba dosen pembimbing saya Ibu Dr. Ir. Hj. Endang Setyati, M.T. menghubungi saya dan meminta untuk kembali ke kampus dan melanjutkan tesis saya. Maka.. perasaan galau pun kembali datang. Bu Endang memberi semangat kepada saya untuk segera menuntaskan S2 dengan melanjutkan tesis yang sebelumnya mangkrak. Dengan energi dan semangat yang masih tersisa, saya pun bertekad untuk menyelesaikan tesis saya secepat-cepatnya.

Dan alhamdulillah.. melalui do’a, perjuangan yang lumayan berat dan motivasi serta dukungan dari dosen pembimbing, saya dapat menyelesaikan tesis saya dalam waktu tidak lebih 6 bulan. Jadi, selama 6 bulan ini saya harus pulang pergi Jombang-Surabaya untuk melakukan bimbingan tesis. Selama itu pula saya kudu “berpuasa” untuk kegiatan di luar kuliah dan mengajar, termasuk puasa bermedia sosial..haha. Kegiatan saya saat itu hanya fokus pada mengajar dan tesis.

Bersama Ibu Dr. Ir. Hj. Endang Setyati, M.T.

Yah, STTS (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya) memang terkenal sebagai kampus yang sangat menjaga kualitas lulusannya. Sehingga tidak heran jika banyak yang bilang kalau kuliah di STTS ini agak berat..hehe. Terutama bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Saat menjalani bimbingan, saya kerap menerima revisi tesis dari dosen pembimbing. Bolak balik revisi membuat saya berpikir bahwa STTS ini memang standarnya sangat tinggi. Dan itu menurut saya sangat bagus. Meski berat, namun banyak hal yang bisa saya pelajari dari proses menyelesaikan tesis ini.

STTS merupakan perguruan tinggi swasta yang sangat recommended untuk mahasiswa/guru/pekerja atau siapa saja yang ingin melanjutkan studi S1 atau S2 dengan kualitas pendidikan yang tinggi. Karena STTS memiliki dosen yang sangat qualified dengan pengalaman profesional, mengajar dan pelayanan yang sangat bagus. (Saya bukan endorse STTS, namun saya hanya menuliskan pengalaman saya selama 4 tahun belajar di kampus ini).

Pada dosen STTS

Akhirnya, semua kegiatan perkuliahan S2 selesai di akhir bulan November 2017 ini dan saya lulus dengan IP yang lumayan bagus..hehe.
Satu lagi, terhitung mulai tahun ini, ijazah yang kami terima disertai dengan SKPI (Surat Keterangan Pengganti Ijazah). SKPI berisi rekaman kegiatan di luar perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswa ketika masa kuliah. Dan lagi-lagi, a

Transkip Nilai

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Semoga pengalaman belajar yang saya tuliskan di blog ini menjadi inspirasi bagi teman-teman dan siswa saya dalam melanjutnya studi ke jenjang yang lebih tinggi. Saya sampaikan rasa terima kasih saya yang sedalam-dalamnya kepada seluruh dosen STTS, terutama dosen wali saya, Bpk. Hartarto Junaidi, S.Kom., M.Kom. dan Dosen pembimbing tesis saya Ibu Dr. Ir. Hj. Endang Setyati, M.T. dan Pak Joan Santoso, S.Kom. M.Kom.

Wisudaku

Ibu, Suami dan kedua anak saya atas doa, motivasi dan support yang tiada pernah habis. Saudara saya Laili AnisahAzizah AdnanBabah Shofi Sholih dst, teman-teman guru Bu Neny ElseBu Wiyah Smkn dst. siswa/i SMKN 3 Jombang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga amal baik kalian semua mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT.

Dan semoga ilmu yang saya peroleh membawa berkah dan bermanfaat. Amin Ya Rabbal Alamin..