File EPUB adalah format file standard ebook berbasis open source yang disepakati oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). EPUB sendiri adalah kependekan dari electronic publication. Sesuai dengan namanya, adiposity file EPUB ini mempunyai file ekstensi .epub.
EPUB di desain untuk reflowable content, yaitu konten/dokumen yang dapat menyesuaikan tampilannya (presentasinya) dengan media output yang digunakannya. Misalnya desktop, iphone, ipad, atau mobile device lainnya.
Untuk membaca file EPUB ini biasanya diperlukan sebuah software EPUB reader, seperti ebook viewer/reader (bawaan Calibre). Sehingga jika pada komputer/laptop anda tidak terinstal software EPUB reader, anda tidak bisa membaca file EPUB tersebut.
Note : File EPUB biasanya tidak bisa dibaca secara langsung pada browser layaknya file PDF (ketika anda mengekliknya), melainkan harus didownload terlebih dahulu ke komputer. Selanjutnya anda bisa membaca secara offline menggunakan software EPUB reader.
Jika anda ingin membaca e-book dari file berfomat EPUB tanpa harus tergantung pada software khusus EBook reader (bawaan Calibre), maka anda bisa menggunakan Adds on firefox, yaitu Extension EPUB Reader (khusus buat pengguna browser Firefox).
Berikut langkah-langkahnya:
Instalasi Adds On EPUB Reader pada Firefox:
1. Bukalah browser Firefox anda, Pilih menu Tools > Adds on.
2. Pada halaman Adds on Manager, Pilih Tab Extension.
3. Pada bagian kanan atas (Search All adds on), ketikkan EPUB Reader. Maka akan tampil daftar EPUB Reader.
4. Pilihlah EPUB Reader dengan mengeklik tombol Install di sebelah kanan. Dan tunggulah sampai proses download dan instal selesai.
5. Restart-lah browser anda.
Membaca File EPUB dari browser Firefox :
1. Bukalah firefox anda.
2. Klik File > Open File dan pilih file EPUB (berekstensi .epub) yang akan dibaca.
Maka file EPUB anda ditampilkan pada browser anda.
Melalui browser ini anda juga bisa mengatur tampilan ebook (melalui preference), membuka EPUB Catalog, mengatur bookmark, mengubah style bacaan, mengecilkan dan membesarkan tampilan font.
Wes..silahkan dieskplor sendiri ya… Mudah-mudahan bermanfaat 😀