BigBlueButton merupakan software web conference berbasis open source yang digunakan untuk melakukan tatap muka secara virtual melalui Website. BigBlueButton mendukung sharing audio dan video, remedy presentasi, viagra 100mg private and public chat, desktop sharing dan terintegrasi dengan VoIP.

BigBlueButton, sering digunakan untuk pembelajaran jarak jauh melalui E-Learning, pertemuan/rapat melalui web conference dan seterusnya, karena BigBlueButton mendukung presentasi berupa format dokumen Microsoft Office maupun Open Office. Selain itu penggunanya juga bisa berkonferensi dengan satu atau dua peranan, yaitu sebagai viewer atau sebagai moderator.

Jika anda menggunakan E-Learning Moodle, anda bisa menambahkan aktivitas web conference ini pada course anda untuk melakukan tatap muka secara virtual dengan menggunakan plugin BigBlueButton ini. Berikut langkah-langkah instalasinya :

Melakukan Instalasi BigBlueButton pada Moodle :

1. Download-lah Plugin BigBlueButton di sini dan (pilihlah sesuai dengan versi Moodle anda).

2. Extractlah mod_bigbluebuttonbn_moodle24_2012120100 tersebut pada folder moodle/mod.

3. Loginlah Administrator dan klik Menu Site Administration > Notifications.

4. Pada halaman Notifications, akan muncul plugin baru BigBlueButton, dan klik tombol Moodle upgrade. Dan tunggulah sebentar..sampai muncul tampilan berikut :

5. Setelah sukses pilih tombol Continue.

6. Selanjutnya pada halaman New settings – BigBlueButtonBN, lakukan pengaturan untuk server BigBlueButton yang akan anda gunakan dan masukkan security salt-nya. Atau mencobanya, biarkan seperti Defaultnya, dan klik Save changes.

7. Klik Register Your site untuk melakukan Registrasi situs ke moodle.org

8. Isilah data anda pada form di halaman Register with Moodle.org

9. Jika sudah klik Register with moodle

10. Klik Save.

Langkah selanjutnya adalah menampilkan BigBlueButton pada daftar Activity anda di Moodle

11. Masuklah ke dalam course anda.

12. Buatlah aktivitas baru dengan mengeklik Add an activity, dan pilihlah BigBlueButton.

13. Isilah formulir isian seperti biasanya ketika anda membuat aktivitas baru di Moodle.

14. Jika sudah klik Save and return to course.

Untuk memulainya, klik Web Conference pada daftar aktivitas course anda, dan tunggulah sebentar.. sistem sedang melakukan koneksi ke server BigBlueButton (ke server yang sudah di atur pada langkah 6).
Selanjutnya, jika ada tampilan Setting Adobe Flash Player, maka lakukan penyettingan berikut : (Jika tidak, langsung ke langkah 7 di bawah)
1. Buka Flash Player anda (klik Start ketik Flash player)
2.Klik tab camera and microphone dan klik tombol Camera and microphone settings by site, maka akan muncul kotak dialog berikut :


3. Kik test-instal.blindnetworks.com, dan pilih Allow pada pilihan When selected site wants to use a camera or microphone.
4. Klik Close.
5. Lakukan hal yang sama pada tab Playback
6. Selanjutnya kembalilah ke halaman BigBlueButton dan Refresh-lah. Maka proses sebelumnya (koneksi ke server) akan diulang.

7. Jika berhasil akan muncul :

8. Lakukan pengecekan sound dengan mengeklik “Play Test Sound” atau klik Close dan anda bisa memulai web conference.

Dengan menggunakan BigBlueButton ini, anda bisa melakukan video conference dengan lebih dari 20 siswa anda dan sekaligus dapat mempresentasikan bahan ajar ataupun menuliskan pada papan tulis yang sudah disediakan oleh BigBlueButton.

Berikut tampilan pada course TIK saya..

Pada BigBlueButton di Moodle ini, siswa berstatus sebagai viewer (dapat menggunakan fitur konferensi suara, berbagi webcam, mengangkat tangan, dan chatting dengan pengguna lain)
Sedangkan sebagai moderator (anda dapat melakukan mute/unmute pengguna lain, mengeluarkan pengguna dari sesi, dan membuat pengguna lain menjadi presenter).

Selamat mencoba 😀