Apakah anda sudah membaca oret-oretan saya MEMBUAT CUSTOM MENU (PULLDOWN) PADA MOODLE Kalau belum, viagra silahkan dibaca dulu. Kalau sudah, silahkan lanjutkan membaca celotehan saya selanjutnya 🙂

Secara default, Custom Menu yang sudah anda buat melalui Moodle, ketika diklik maka link targetnya akan ditampilkan pada Current Window, jadi jika anda ingin link target nya ditampilkan di tab yang lain, anda bisa mengekliknya menggunakan Klik kanan > Open link in new tab.

Sejatinya..(wuih…) Anda bisa penggunakan Atribut tag <a href=…. target=”isi_target_window” untuk menampilkan Link tujuan pada window /frame yang diinginkan ( _blank, _parent, _top, atau _self ). Tetapi, pada Moodle, atribut2 tersebut, tidak bisa digunakan ketika anda ingin mengatur Target Link Menu pada Custom Menu.

Nah, supaya Link target tersebut ketika diklik, ditampilkan pada window yang lain, anda bisa menambahkan beberapa pengaturan berikut :

Misalnya tag menu anda adalah:

Home|http://e-learning.smkn3-jbg.sch.id

Maka, Tambahkan atribut “target=”_blank setelah link tujuan “http://e-learning.smkn3-jbg.sch.id” sehingga menjadi:

Home|http://e-learning.smkn3-jbg.sch.id “target=”_blank

Perhatikan penekanan tanda ” “ pada atribut target= . Penggunaan tanda tersebut harus disisipkan, untuk memberi penekanan agar Moodle menampilkan Link tujuan pada window yang lain.

Namun, dari keempat Atribut link target tersebut ( _blank, _parent, _top, atau _self ) yang bisa digunakan hanyalah atribut _blank.

Selamat mencoba, mudah2an bermanfaat 🙂