Masih seputar test online di WordPress, kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat test online yang hasilyan dapat disimpan untuk dokumentasi kita. Baca juga postingan saya sebelumnya Membuat Kuis Online di WordPress. Plugin yang digunakan adalah Quiz Master Next.

Quiz Master Next adalah plugin wordpress yang bisa digunakan untuk membuat test online dengan jenis soal pilihan ganda. Update terbaru plugin ini (saat saya mendownloadnya) adalah bulan Desember 2013 ini dan kompatibel untuk wordpress versi 3.0 ke atas. Saya sendiri telah mencobanya untuk wordpress 3.5.1.

Menurut review pembuatnya, plugin ini dapat digunakan untuk membuat kuis dalam jumlah yang banyak dengan jumlah soal yang tak terbatas pula. Siswa juga dapat memberikan feedback/komentar tidak hanya pada akhir test online, melainkan juga pada setiap soal yang dikerjakan.

Cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan kuis online yang pernah saya bahas sebelumnya. Plugin ini juga mampu menyimpan hasil jawaban siswa sekaligus data siswa, baik nama, email, maupun informasi siswa lainnya, ke dalam database. Sehingga hasil test online ini dapat kita dokumentasikan.

Untuk hasil optimal test online ini, siswa diharapkan login ke dalam blog terlebih dahulu, sebelum menjalankan test online.

Nah, jika anda tertarik, silahkan ikuti langkah pembuatannya berikut ini:

1. Download-lah plugin Quiz Master Next dan instal-lah seperti biasa. Sehingga pada halaman dashboard anda tampil menu sebagai berikut:

2.Buatlah kuis baru dengan memilih menu Quiz Dashboard > Quizzes > Create New Quiz. Selanjutnya akan tampil kotak dialog create new quiz.

Isikan nama kuisnya, dan klik tombol Create Quiz.

3. Selanjutnya anda akan mendapatkan shortcode untuk kuis yang telah dibuat. Shortcode ini nanti yang akan kita tempel pada page/postingan untuk menampilkan kuis ini.

4. Untuk membuat pertanyaan, pilihlah Menu Edit di bagian bawah nama kuis. Pada tab Quiz Question pilih Add Question. Maka akan tampil kotak dialog Add Question:

Isilah pertanyaan dan pilihan jawabannya pada kolom di atas.

Selanjutnya klik tombol Add Question.

4. Pada tab Quiz Text dan Quiz Option lakukan pengaturan tampilan kuis dan seterusnya.

5. Simpanlah pengaturan yang telah dilakukan.

Menampilkan Kuis Pada Blog

1. Bukalah Page baru melalui menu Pages > Add New atau postingan baru melalui Post > Add New.

2. Pada halaman kosong page/postingan tersebut ketikkan shortcode dari kuis yang akan ditampilkan. Shortcode ini dapat anda lihat pada bagian Quizzes.

3. Publish-lah page/postingan anda. Dan kuis online yang telah dibuat akan tampil setelah anda membuka page/postingan tersebut. Berikut adalah tampilan Page Tes Online:

Hasil kuis:

Mengatur Tampilan / Template Quiz

Yang dimaksud dengan mengatur tampilan kuis adalah memberikan informasi tambahan pada saat kuis dijalankan, misalnya memberikan informasi (nama, email, dan keterangan lain) pada awal kuis dijalankan, memberikan teks/keterangan sebelum kolom komentar atau memberi informasi score yang didapatkan oleh siswa.

Untuk mengatur tampilan kuis, dapat dilakukan melalui Quizzes > Edit > Tab Quiz Text.

Pada halaman Quiz Options, tab Quiz Text, terdapat beberapa variable yang dapat anda gunakan untuk menampilkan informasi tertentu, misalnya untuk menampilkan score nilai, anda dapat menggunakan variabel %POINT_SCORE%, variable %AMOUNT_CORRECT% untuk menampilkan banyaknya jawaban benar, dan seterusnya.

Untuk menggunakan variabel-variabel tersebut, anda cukup menuliskan variabel tersebut pada kolom di sebelah kanannya. Anda juga dapat memberikan teks/informasi tambahan pada di antara variabel-variabel tersebut (lihat gambar di atas).

Anda juga dapat menerima inputan dari siswa sebelum mengerjakan kuis, seperti inputan nama, email dan seterusnya untuk merekam data siswa yang akan mengerjakan kuis.