Sebenarnya antrian draft posingan saya selanjutnya adalah tentang Moodle, namun berhubung topik yang akan saya bahas alurnya agak panjang (harus trial and error dulu), maka saya pilih antrian berikutnya saja, yang lebih ringan. Kebetulan juga ada teman yang sedang butuh. Jadi…pas!

Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis cara pembuatan kuis online, baik melalui Moodle, quiz creator, facebook, dan seterusnya (silahkan lihat di bagian ini). Kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat kuis online di wordpress dengan menggunakan plugin wordpress yang menurut saya bagus dan mudah digunakan.

mTouch Quiz adalah plugin wordpress yang bisa anda gunakan untuk membuat kuis online dengan jenis kuis pilihan ganda. Plugins kuis ini sangat mudah instalasi dan penggunaannya, tampilannya pun menurut saya sangat keren. Hasil kuis yang dibuat, juga dilengkapi dengan interface yang user friendly dan interaktif, sehingga siswa dapat menjalankan kuis dengan mudah.

Jika anda tertarik, berikut langkah membuatnya :

1. Unduhlah plugin mTouch Quiz dan installah seperti biasa. Maka pada deretan sidebar kiri halaman dashboard anda akan tampil menu plugin mTouch Quiz seperti berikut:

2. Untuk membuat kuis baru, silahkan pilih menu Manage Quizzes, Create New Quiz.

3. Selanjutnya, pada kolom:

Quiz Name, isikan dengan nama kuisnya.

Quiz Start Screen, isikan dengan teks yang akan tampil saat kuis dijalankan.

Final Screen, isikan (editlah teks yang ada) dengan teks yang akan tampil saat siswa telah selesai mengerjakan kuis.

…dan berilah isian pada option selanjutnya.

4. Jika semua isian telah lengkap, pilih tombol Save, untuk menyimpan.

Membuat Pertanyaan Kuis

1. Pilih Manage Questions dari daftar kuis yang telah dibuat pada halaman mTouch Quiz > Manage Quizzes.

2. Pilih Create New Question, dan isikan soal pertama beserta pilihan jawaban dan nilai/pointnya pada option di bawahnya. Berilah tanda centang pada jawaban yang benar.

3. Klik tombol Save, untuk menyimpan pertanyaan.

4. Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 untuk pertanyaan berikutnya.

5. Langkah selanjutnya adalah menampilkan kuis yang telah dibuat ke dalam blog.

Menampilkan Kuis Pada Blog

1. Bukalah Page baru melalui menu Pages > Add New atau postingan baru melalui Post > Add New.

2. Pada halaman kosong page/postingan tersebut ketikkan kode [mtouchquiz #]. Gantilah simbol # dengan ID kuis yang ingin ditampilkan. ID kuis ini dapat anda lihat di bagian Manage Quiz.

3. Publish-lah page/postingan anda. Dan kuis online yang telah dibuat akan tampil setelah anda membuka page/postingan tersebut.

Berikut screenshot dari kuis yang sudah jadi:

Sayangnya untuk menyimpan hasil kuis, hanya bisa dilakukan oleh mTouch Quiz yang versi premium. Sedangkan untuk yang gratis belum bisa. Plugin ini memang cocok untuk sekedar menguji pemahaman siswa atas materi yang telah anda sampaikan di blog, jadi tidak benar-benar untuk ujian online, kecuali jika anda menggunakan yang berbayar 😀

Jika anda ingin membuat kuis di wordpress yang bisa menyimpan hasilnya (digunakan untuk ujian online), tunggu postingan saya selanjutnya ya..

Selamat mencoba, mudah2an bermanfaat 😀