Tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial saya sebelumnya MEMBUAT DAFTAR MATA PELAJARAN dan UPLOAD MULTI USER DI MOODLE. Jika anda telah membuat Course (Mata pelajaran) dan Mengupload user ke dalam Database Moodle, rx maka user yang sudah anda upload tidak secara otomatis akan menjadi user participant pada Course yang ada. Hak seorang Administrator untuk menentukan siapa akan masuk pada course apa… 😉
Untuk menentukan user participant pada course yang ada, ikuti langkah berikut :
1. Loginlah sebagai Administrator dan aktifkan mode edit dengan mengeklik Turn Editing On pada Menu Settings
2. Masuklah pada Mata Pelajaran (Course) dengan mengeklik Nama Course yang dimaksud.
3. Pada Menu Setting di bagian kiri, klik Users, Enrolled users. Maka akan ditampilkan User Participant yang sudah aktif pada course tersebut.

4. Klik tombol Enrol Users, untuk menambah user yang lain, maka akan ditampilkan Daftar user yang ada dan anda tinggal mengeklik tombol Enrol pada bagian kanan Nama User yang diinginkan.

5. Jika sudah, klik tombol Finish Enrolling Users pada bagian bawah kotak dialog tersebut. Maka user yang dimaksud akan ditambahkan sebagai participant pada course yang tersebut.
6. Untuk mengubah Status (Hak akses/Role) user tersebut, Klik tanda Plus (+) pada Kolom Role pada user yang dimaksud. Maka akan tampil menu pilihan berikut :


Pilihlah Hak akses user yang diinginkan dengan mengeklik tombol Hak akses yang dimaksud. Jika anda ingin mengubah/menghilangkan Hak akses yang sudah ada, anda tinggal mengeklik tanda X pada Hak akses yang dimaksud.
Selamat mencoba… 😛