Menuliskan Tutorial ini membuat hati saya berdebar-debar 😉 Karena sudah lama saya tidak menulis Tutorial Moodle dan Terpilihlah Tutorial Dragmath ini sebagai penghancur kebekuan antara saya dan Moodle…cie..

Mudah-mudahan bermanfaat.

Dragmath Equation Editor adalah Sebuah plugin Moodle yang digunakan untuk mengetikkan simbol-simbol artimatika ke dalam halaman web kita di Moodle. Icon ini sangat berguna bagi Guru Matematika yang ingin menyisipkan Simbol-simbol Aritmatika pada Bahan Ajar / Kuis di Moodle.

Pada Moodle 2.x, ampoule plugin Dragmath ini secara Otomatis terinstall pada Moodle sehingga kita tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya, advice berbeda dengan Moodle versi sebelumnya (1.9x).

Jika anda sudah mengaktifkan Plugin ini, maka pada Text Editor Moodle anda akan muncul icon Equation seperti pada gambar berikut:

Syarat utama supaya Plugin Dragmath bisa berjalan dengan baik pada Moodle anda adalah Pada komputer anda harus terinstall Program Java. Kemudian aktifkan TeX notation dari Menu :

Site Administrator > Advance Feature > Plugins > Filters > Manage Filters.

(Jangan lupa untuk mengaktifkan Mode Edit dengan mengeklik Turn Editing On pada Menu Setting)

Maka akan tampil daftar Plugin yang ada. Untuk mengaktifkan icon Dragmath (Equation) pada Text Editor Moodle Anda, Pilihlah Plugin TeX notation dan aktifkan dengan memilih On pada Tombol drop down sebelah kanannya. Lihat gambar berikut :

Setelah itu, masuklah ke Text Editor Moodle, maka Icon Dragmath (Equation) sudah tampak di sana.

Selamat Mencoba 😉