Tutorial ini terinspirasi dari pertanyaan beberapa pengunjung yang mengalami kesulitan untuk menampilkan / mengaktifkan tombol Create New account untuk user baru yang ingin mendaftar dalam e-learning kita.

Saya baru sadar kalau di Moodle 2.2 ini ada yang sedikit berbeda dari cara user Login / Sign up ke Moodle.

Kalau pada Moodle versi sebelumnya, pilihan tersebut secara otomatis akan tampil pada halaman awal e-learning kita. Tetapi untuk moodle versi terakhir, untuk mengaktifkan pilihan tersebut, kita harus terlebih dahulu mengaktifkan Plugins tertentu. Berikut langkah-langkahnya :

1. Seperti biasa Loginlah sebagai Administrator dan Klik Turn Editing On pada menu Settings,Β Front page settings.

2. Selanjutnya klik Settings >Site Administration>Plugins>Authentication>Manage authentication. Aktifkan icon the email-based self-registration dengan mengeklik gambar mata, sehingga gambar mata menjadi terbuka (enabled).

3. Selanjutnya pada Common Setting, Berilah nilai pada Self Registration dengan Email-based self-registration. Sedangkan untuk pengaturan lainnya, biarkan apa adanya.

4. Klik tombol Save Changes, untuk menyimpan perubahan yang sudah anda lakukan.

Cara ini memungkinkan user untuk membuat account mereka sendiri melalui tombol ‘Buat account baru’ / ‘Create new account‘ pada halaman login.

Selanjutnya user akan menerima email konfirmasi yang berisi username dan password login mereka.
Met mencoba πŸ™‚