Dalam membuat media pembelajaran, rasanya belum pas jika belum ada media evaluasi. Kuis biasa ditambahkan sebagai media untuk menguji keterserapan materi yang diajarkan pada siswa.

Pada Articulate Storyline, terdapat beragam jenis kuis yang dapat digunakan, diantaranya adalah:

  • True/False
  • Multiple Choice
  • Multiple Response
  • Fill-in-the-Blank
  • Word Bank
  • Matching Drag-and-drop
  • Matching Drop down
  • Sequence Drag-and-drop
  • Sequence Drop down
  • Numeric
  • Hotspot

Jenis kuis pada Articulate Storyline

Membuat Soal Kuis

Untuk memulai membuat kuis pada Articulate Storyline, dapat dilakukan dengan 2 cara. Yaitu dengan cara membuatnya secara langsung pada slide atau dengan soal kuis terlebih dahulu pada Question Bank dan baru selanjutnya kita sisipkan ke slide. 

Pada tulisan ini kita akan belajar membuat soal kuis dengan cara pertama, yaitu dengan menyisipkannya langsung pada slide. Sedangkan untuk cara yang kedua akan saya dibahas pada tulisan berikutnya. Berikut langkah untuk membuat soal kuis pada Articulate Storyline:

1. Buka scene/slide dimana soal akan ditambahkan.

2. Klik Slides pada daftar tab ribbon, dan pilih Graded Question

Atau klik kanan pada scene/slide dan pilih New Slide > Graded Question.

Maka akan ditampilkan kotak dialog Insert Slide. Pada kotak dialog ini akan ditampilkan daftar pilihan jenis kuis yang dapat digunakan.

3. Selanjutnya pilihlah jenis soal yang akan ditambahkan, misalnya Multiple Choice untuk membuat soal berbentuk pilihan ganda, True/False untuk soal berbentuk Benar/Salah dan seterusnya.

4. Klik Insert Slide.

Selanjutnya, jenis soal yang telah dipilih akan ditampilkan pada mode Form View. Pada mode ini, Anda diminta untuk menuliskan soalnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Tampilan Soal pada mode Form View

Keterangan Gambar:

  • Enter the question, ketikkan soalnya
  • Enter the choices, ketikkan semua pilihan jawabannya pada kolom A, B dan seterusnya dan beri pilihan pada jawaban yang benar pada kolom Correct.
  • Set feedback and branching. Pada kolom ini Anda dapat mengedit feedback (komentar) yang ada dengan feedback yang Anda tentukan sendiri menggunakan Bahasa Indonesia :). Selanjutnya pada kolom Points, Anda dapat mengatur nilai untuk jawaban benar dan salah dengan cara menuliskan nilai yang diinginkan
  • Anda juga dapat menambahkan suara  dan mengatur tampilan feedback dengan memilih tombol More di sebelah kanan feedback Correct/Incorrect,  maka akan tampil kotak dialog Feedback seperti terlihat pada gambar berikut:

Kotak dialog Feedback

Anda dapat menambahkan media berupa gambar dan video pada soal dengan cara memilih ribbon Media pada menu Question, atau Anda juga dapat menambahkan suara pada soal dengan memilih Audio. Berikut file gambar, video dan audio yang disupport oleh Articulate Storyline:

Format file audio pada Articulate Storyline

Format file gambar pada Articulate Storyline

Format file video pada Articulate Storyline

Ada dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk soal-soal berikutnya.

Tampilan soal kuis pada mode Form View

Mengatur Tampilan Soal

Soal yang telah Anda tambahkan pada slide memiliki tampilan standar dengan background slide warna putih. Anda dapat mengatur tampilan soal kuis agar terlihat lebih menarik, pada mode Slide View.

Tampilan soal kuis pada mode Slide View

Pada saat berada pada mode Slide View, Anda dapat memodifikasi tampilan soal kuis semenarik mungkin sehingga soal terlihat lebih interaktif. Misalnya Anda punya soal kuis pilihan ganda dalam mode Form View terihat seperti pada gambar berikut:

Tampilan kuis pilihan ganda pada mode Form View

Maka Anda dapat memodifikasinya sedemikian rupa sehingga tampilan soal kuis menjadi lebih menarik seperti terlihat pada gambar berikut:

Tampilan kuis pilihan ganda pada mode Slide View yang telah dimodifikasi

Untuk membuat tampilan soal kuis seperti di atas, Anda dapat melakukannya sama persis dengan ketika Anda memodifikasi tampilan slide pada PowerPoint.

Untuk menampilkan hasil kuis, silahkan baca postingan saya selanjutnya, Menampilkan Hasil Kuis.

Selamat mencoba 😉

Referensi

https://community.articulate.com/articles/working-with-quiz-slides
https://community.articulate.com/articles/build-quizzes-and-result-slides
https://community.articulate.com/series/20/articles/building-quizzes-and-result-slides
https://community.articulate.com/series/storyline-3/articles/articulate-storyline-3-user-guide-how-to-draw-slides-from-a-question-bank
https://articulate.com/support/article/Articulate-Storyline-360-Creating-Quizzes-with-Form-Based-Questions