Tulisan kali ini bisa dibilang late post¬†ya..hehe. Iya, karena sebenarnya acara MikroTik User Meeting (MUM) ini telah berlangsung tahun 2017 kemarin ūüėÄ

Jujur, saya agak sungkan sih.. menuliskan pengalaman ikuti MUM 2017 di Yogyakarta ini. Masalahnya saat itu saya tidak benar-benar khusuk mengikuti kegiatan formalnya, melainkan banyak dolannya ūüėÜ Yah, berada di Yogyakarta memang sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk jalan-jalan..hehe.

Sebenarnya niat awal mengikuti acara MUM ini adalah saya pengen mengantar siswa saya ke babak final Olimpiade Jaringan MikroTIK :).¬† Seperti tahun sebelumnya, acara final Olimpiade MikroTik ini dilaksanakan berbarengan dengan MUM. Akan tetapi.. karena siswa saya belum bisa melaju ke babak final, jadi..ya pembimbingnya saja yang berangkat ūüėÜ

MUM (Mikrotik User Meeting) tahun ini dilaksanakan di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Hotel,  Yogyakarta tanggal 27-28 Oktober 2017. Sedangkan pelaksanaan final Olimpiade Jaringan MikroTik dilaksanakan pada hari sebelumnya, yaitu tanggal 25 Oktober 2017. Dengan mengikuti acara ini, saya berharap bisa melihat secara langsung pelaksanaan Final Olimpiade Jaringan MikroTik tahun 2017 ini, sehingga bisa menambah semangat saya dalam membimbing dan mempersiapkan siswa, agar mendapatkan hasil yang terbaik pada Olimpiade Jaringan MikroTik tahun 2018. Baca dokumentasi kegiatan Olimpiade Jaringan (Mikrotik) 2016.

Para juara Olimpiade Jaringan MikroTIK 2017

Untuk bisa mengikuti acara MUM ini, sebelumnya saya harus mendaftar terlebih dahulu secara online melalui website https://mikrotik.com/. Saat mendaftar kita bisa memilih tiket yang gratis atau berbayar. Jika kita memilih yang berbayar, maka tiket ini sudah include¬†dengan makan siang dan license RouterOS. Sedangkan untuk tiket yang gratis tidak ada fasilitas ini.¬†Saat itu saya memilih tiket yang gratis aja, supaya saya bisa berwisata kuliner bersama teman-teman di Jogja ūüėÄ

Semua peserta yang hadir pada acara ini juga mendapatkan goody-bag yang berisi T-shirt MUM 2017, alat tulis dan ID Card peserta.

Pendaftaran MUM secara online

Nah, selain karena ingin melihat secara langsung pelaksanaan Final Olimpiade Jaringan MikroTik, pada acara ini saya juga bertemu dengan teman-teman pengguna dan penggiat MikroTik, termasuk para alumni ID-Networkers (IDN). Alhamdulillah, tahun 2017 ini banyak para guru alumni IDN yang siswanya masuk babak final Olimpiade Jaringan MikroTik. Baca juga dokumentasi saya tentang Training MikroTik di Pesantren ID-Networkers (IDN).

Bersama teman-teman alumni ID-Networkers

Selain saya dan para alumni IDN, pada tahun ini acara MUM juga dihadiri oleh lebih dari 2800 orang peserta dari beragam latar belakang, baik dari kalangan akademisi, praktisi, hingga industri seperti para provider MikroTik. Pada kesempatan ini para peserta MUM dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memanfaatkan MikroTik serta membahas tentang apa yang baru dari produk MikroTik.

Registasi peserta MUM 2017

Acara MUM ini dibuka oleh Martins Strods dari MikroTik, Latvia yang mengenalkan produk terbaru dari MikroTik. Paparan Opening and introduction, new products dari Martins Strods ini bisa diunduh disini. Dilanjut dengan paparan tentang IP Firewall raw: protect connection-tracking oleh Bpk. Valens Riyadi dari Citraweb, Indonesia, yang mana paparan lengkapnya bisa dilihat pada video berikut ini.

Presentasi selanjutnya adalah What’s new in wireless since RouterOS v6.37 oleh Achmad Mardiansyah dari GLC Networks, Indonesia. Dalam paparannya Mardiansyah menjelaskan tentang perkembangan wireless router mulai dari RouterOS v6.37 sampai sekarang. Presentasi¬†Mardiansyah ini dapat dilihat disini. Dan masih banyak paparan lain yang juga bisa diunduh disini.

Pada MUM tahun ini juga terdapat sesi ‚ÄėBreakout Session‚Äô. Dalam sesi ini, para peserta bisa mengikuti sesi sesuai dengan materi yang disukai. Diantaranya adalah materi Routing oleh Novan Chris dari Citraweb, Indonesia,¬†¬†Hotel WiFi – implement wireless network that works – CAPsMAN overview, CAP setup, Provisioning, VLAN’s, Certificates, CAP upgrade and more oleh Farras Afif Perdana dari ID-Networkers, Indonesia dan¬†Running a small WISP for beginners!¬†oleh Wenas Ongkowinoto dari Primabananen Pte. Ltd., Singapore. Breakout Session¬†ini berjalan secara paralel dan bertempat di ruangan yang berbeda.

Presentasi MikroTik CAPsMAN Implementation dapat dilihat pada video berikut.

Pada MUM 2017 ini juga terdapat pameran yang diikuti oleh peserta pameran baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, diantaranya adalah Citranet (Indonesia), Citraweb Solusi Teknologi (Indonesia),  GLC Networks (Indonesia), ID-Networkers (Indonesia), Antik Technology (Singapore), SOL (China) dan distributor MikroTik lainnya. Masing-masing peserta pameran menampilkan produk MikroTik dan semua hal yang terkait dengan MikroTik, seperti peserta pameran dari ID-Networkers menampilkan dan menjual buku-buku yang berkaitan dengan MikroTik hasil karya para alumni pelatihan di Pesantren IDN.

Stand pameran ID-Networkers

Pada akhir acara MUM ini dibagikan hadiah doorprize bagi para peserta yang beruntung. Hadiah doorprize diundi berdasarkan ID peserta yang akan mendapatkan produk-produk dari MikroTIK. Liputan lengkap kegiatan MUM 2017 hari 1 dan 2 (termasuk pembagian doorprize) dapat dilihat pada video berikut:

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan para pengguna MikroTik bisa saling berinteraksi dan bertukar ilmu, serta berbagi tips dan trik saat melakukan konfigurasi MikroTik. Semoga tahun 2018 ini saya dan siswa SMKN 3 Jombang bisa kembali mengikuti Olimpiade Jaringan MikroTik dan bisa melaju ke babak final sehingga bisa kembali mengikuti acara MUM 2018. Amin Yaa Rabbal ‘Aalamiin..

Berpose bersama CTO of MikroTik Mr. Arnis Riekstins dan Lina Sarie (SMKN 53 Jakarta)

Bersama Bpk. Valens Riyadi dari Citraweb (mikrotik.id) selaku panitia Olimpiade Jaringan MikroTik

Referensi:
https://www.gudeg.net/
https://mum.mikrotik.com/2017/
https://olimpiade.mikrotik.id/