Beberapa hari yang lalu (Tgl 7-8 Juni 2013), check saya dan beberapa perwakilan guru SMK, Ka Subdit Pembelajaran SMK, APTIKOM, VEDC Malang, Para Praktisi Pendidikan dan Tim Seamolec berkumpul kembali di Jakarta, tepatnya di Hotel Santika BSD City, untuk melaksanakan Rapat Kerja dalam rangka persiapan piloting implementasi dan sertifikasi mata pelajaran “Simulasi Digital” sebagai bagian dari dasar kompetensi kejuruan (C2) pada kurikulum 2013.

Para peserta Rapat Kerja Piloting Implementasi Simulasi Digital

Acara yang dibuka oleh Direktur Seamolec, Bpk Gatot Hari Prijowirjanto, ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan Guideline/SOP Simulasi Digital serta menyempurnakan Konten Simulasi Digital yang telah kami susun sebelumnya, termasuk menyusun asessment untuk Ujian Sertifikasi Guru untuk mata pelajaran Simulasi Digital ini.

Paparan dari Bpk Gatot Hari Prijowirjanto,

Rapat kerja ini merupakan kelanjutan dari workshop yang telah dilakukan sebelumnya (Bc. Kurikulum SMK dan Kebutuhan Industri, Simulasi Digital Sebagai Pengembangan KKPI, PSMK-Seamolec Sosialisasi Konten Simulasi Digital).

Dalam acara ini, peserta rapat dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri atas kelompok pengembang Guideline/SOP Simulasi Digital dan Kelompok Pengembang Konten dan Asesmen Simulasi Digital. Kelompok Pengembang Guideline/SOP dipimpin langsung oleh Direktur Seamolec, dan terdiri atas :

1. Eko Indrajit – APTIKOM
2. Sus Hermanto-APTIKOM
3. Kepala Subdit Pembelajaran PSMK
4. Kepala Subdit Pembelajaran PSMA
5. Eko Subiyantoro – Departemen 55 PPPPTK BOE Malang
6. Siswati – Departemen 55 PPPPTK BOE Malang
7. Ali Hanafiah – SMKN 1Kota Mojokerto
8. SMK N 1Surabaya
9. Bambang Irianto – SMK N 3 Jember
10. Anti Rismayanti
11. Cahya K Ratih
12. Haritz C Nugraha
13. Abubakar
14. Fazhar R Fauzi
15. Irsandi Hasan
16. Aline Almandha
17. Yusmar Hadi Saputra
18. Kadek

Sedangkan Kelompok Pengembang Konten dipimpin oleh Bpk. Karyana dan Mas Puryanto, terdiri atas :

1. Amiroh – SMK N 3 Jombang
2. Dwi Atwin – SMK N 2 Surabaya
3. Ivan Irianto – SMK N 4 Bandung
4. Kardiyono – SMK N 1 Batang
5. Tjetjep RB- SMK N 1 Karawang
6. Akhman Sunarya – SMK N 4 Tangerang
7. Puryanto
8. Alfan Pujo Laksono
9. Karyana
10. Renaldo R Nosyafril
11. Abdul Rizal Adompo
12. Awanls

Hasil dari diskusi masing-masing kelompok selanjutnya dipresentasikan kepada semua peserta untuk mendapatkan feedback sebelum kebijakan / SOP dan Konten Simulasi Digital ini mulai disosialisasikan tanggal 10-15 Juni 2013 melalui kegiatan pelatihan master trainer TAHAP I di Gedung Seamolec, Pondok Cabe, Jakarta.

Kegiatan pelatihan ini nantinya akan menghasilkan para master trainer yang bersertifikat, yang akan mensosialisasikan materi Simulasi Digital kepada guru-guru di masing-masing daerahnya. Target awal implementasi Simulasi Digital ini adalah SMK Invest (ex RSBI). Sedangkan untuk sekolah lain yang merasa siap untuk mengimplementasikan Simulasi Digital, bisa mengajukan sekolahnya melalui SEAMOLEC (aline@seamolec.org) untuk menjadi master trainer dan TUK di daerahnya. Rencananya Seamolec akan mengadakan pelatihan TAHAP 2 mulai tanggal 24 Juni 2013.

Paparan dari pihak industri multimedia

Mudah-mudahan dengan adanya mata pelajaran Simulasi Digital ini dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan SMK untuk memenuhi kebutuhan industri yang berkembang saat ini. Sehingga lulusan SMK BISA menciptakan dan meningkatkan kualitas produk dalam negeri yang BISA diandalkan dan BISA dibanggakan. Amin….