Cuaca berawan agaknya selalu menemani hari-hari saya di kota tape, Bondowoso ini. Hampir 2 hari ini, kota ini selalu diselimuti mendung, bahkan terkadang gerimis. Suasana redup ini membuat kondisi tubuh saya juga sedikit mengalami penurunan, sehingga saya harus mengelola energi saya supaya tetap bisa bersinergi dengan semangat bapak/ibu guru di kab. Bondowoso yang mengikuti workshop SEA EduNet-Sea Twin sampai hari terakhir nanti.

Hari ke-2 ini, telah siap, sekitar 75 orang guru dari SMA/SMK se Kabupaten Bondowoso untuk belajar bersama mengembangkan proses pembelajaran di sekolah menggunakan media e-learning berbasis jejaring sosial Edmodo. Kegiatan pagi ini dibuka oleh Kepala Bidang Dikmen, Bapak H. Saifuddin Suhri.


Selanjutnya mengawali sesi hari ini, Mbak Cahya mengenalkan tentang profil SEAMOLEC dan program kegiatan yang dilakukan untuk mendukung pengembangan SDM (terutama guru dan dosen) dalam bidang IT untuk pembelajaran.

Materi inti yaitu pengenalan fitur media pembelajaran berbasis jejaring sosial Edmodo, menjadi materi yang ditunggu oleh para peserta.

Maka saatnya saya, Mbak Cahya dan Mas Haritz secara bergantian mengenalkan cara pembuatan Account, kelas / group, cara bergabung dengan kelas/group/komunitas guru yang ada, memberikan bahan ajar berupa File, Video, Link dan Library, sampai pada pembuatan media evaluasi seperti Assignment, Quiz.

Pada kegiatan kali ini, para peserta juga sudah terkelompok sesuai dengan bidang study yang diampunya (yang telah disusun pada hari sebelumnya bersama kepala sekolah), sehingga mereka dengan cepat dapat membuat group kolaborasi antar sekolah.

Semangat bapak/ibu dalam menerima materi ini cukup membuat kondisi saya yang semula tidak begitu fit, menjadi agak ‘nderomos‘ dan kembali bersemangat untuk mendampingi mereka menerapkan materi ini bersama dengan guru serumpun dari sekolah lain di kab. Bondowoso.

Masing-masing kelompok berkolaborasi menggunakan Kelas/Group yang telah dibuat untuk melakukan simulasi kelas pembelajaran mereka. Kelompok-kelompok tersebut selanjutnya akan berbagi dan berkolaborasi tentang materi pelajaran dan aktivitas pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa dalam kelas, sesuai dengan timeline yang telah disusun oleh tim SEAMOLEC.

Mulai bulan Mei-Juni 2013 peserta memulai berkolaborasi dengan guru sesama sekolah. Selanjutnya pada bulan Juli- September 2013, peserta berkolaborasi dengan guru antar sekolah dalam satu kabupaten. Bulan Oktober-Desember 2013, peserta mulai berkolaborasi dengan guru-guru antar kabupaten, bahkan provinsi. Selama kegiatan ini tim SEAMOLEC melakukan asistensi dan memantau perkembangan kolaborasi pembelajaran ini secara online.

Mengakhiri kegiatan hari ini, tim menugaskan kepada para peserta untuk melengkapi timeline kolaborasi dan mempersiapkan materi ajar dalam bentuk softcopy untuk persiapan membuat Digital book besok.

Kegiatanpun berakhir dan saatnya beristirahat … 🙂