Selama hampir dua bulan ini, visit this site saya disibukkan dengan sebuah project pembuatan media pembelajaran berbasis Android bersama siswa/i kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Jombang. Ide pembuatan project ini dilatarbelakangi atas maraknya penjualan HP yang memiliki sistem operasi Android  dengan harga yang relatif murah. yang membuat seluruh kalangan masyarakat mulai tingkat bawah, viagra menengah dan atas dapat dengan mudah bisa memilikinya, termasuk para guru dan siswa.

Di sekolah saya sendiri, SMKN 3 Jombang, lebih dari 30 % siswa dan 50% guru SMKN 3 Jombang menggunakan handphone android dalam berkomunikasi sehari-hari. Namun, sampai saat ini perangkat mobile tersebut masih banyak dimanfaatkan hanya untuk berkomunikasi seperti menelpon, mengirim pesan dan mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau bermain game.

Menurut saya, penggunaan perangkat mobile tersebut akan lebih berguna apabila dimanfaatkan sebagai media untuk belajar dan mengajar, seperti mengakses materi-materi pembelajaran yang banyak tersedia di internet. Namun, setelah saya amati, ternyata perangkat mobile yang digunakan oleh siswa, tidak selalu disertai dengan paket data internet yang bisa memfasilitasi mereka untuk mengakses konten pembelajaran secara online di internet. Sehingga, menurut saya, solusi yang tepat  adalah membuat sebuah aplikasi pembelajaran yang bisa diakses oleh siswa dan guru melalui hp android secara offline, kapan saja mereka mau.

Ide untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android tersebut selanjutnya saya sampaikan kepada pihak sekolah, dan syukur alhamdulillah.. sekolah menyetujui dan memberi support kepada saya untuk mengerjakan project ini. Selanjutnya saya menawarkan kepada siswa saya, khususnya anak bimbingan saya, kelas X TKJ untuk bergabung dalam project pembuatan aplikasi ini.

Semula saya sampaikan kepada mereka bahwa dalam pembuatan aplikasi ini mereka akan saya bimbing mulai dari awal pembuatan aplikasi sampai meng-compile project menjadi file .apk dan kemudian dipasang pada perangkat mobile android. Alhamdulillah, beberapa siswa tertarik untuk bergabung dalam project ini. Maka, jadilah kami mengerjakan project ini bersama-sama.

Project ini kami lakukan selama 2 bulan di luar jam belajar di sekolah dengan timeline sebagai berikut:

Project Timeline Pembuatan Aplikasi pembelajaran berbasis android

Dan jadwal kegiatan per minggu, di luar kegiatan belajar mengajar, sebagai berikut:

Jadwal kegiatan pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis android per minggu

Tujuan akhir dari project ini adalah terciptanya sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android untuk Mata Pelajaran Kejuruan/Produktif Teknik Komputer dan Jaringan. Aplikasi ini nantinya akan menjadi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Jombang.

Aplikasi yang kami gunakan untuk membuat aplikasi ini adalah Google App Inventor. App Inventor merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang bersifat open source sekaligus gratis, yang dikembangkan oleh Google Labs dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).  App inventor memberi kesempatan kepada kita yang awam terhadap bahasa pemrograman, untuk membuat sebuah perangkat lunak (aplikasi) untuk sistem operasi berbasis Android dengan cara yang sangat mudah, tanpa harus melakukan coding, melainkan cukup dengan melakukan drag and drop layaknya kita sedang bermain puzzle.

Script pemrograman yang biasa dituliskan oleh para programmer android untuk memberikan event terhadap sebuah komponen, pada App Inventor diwujudkan dalam bentuk block yang memiliki bentuk dan warna tertentu. Block inilah yang sering disebut sebagai event handler, yang mana dia berfungsi untuk memberikan event pada komponen yang diinginkan. Setiap block mewakili event tertentu yang dipasangkan pada block lain yang sesuai.

Sebuah  block dapat dianalogikan sebagai potongan kata atau kalimat, yang mana apabila kata tersebut disusun dengan benar dia akan membentuk sebuah kombinasi kalimat yang memberikan instruksi kepada handphone anda untuk melakukan sesuatu.

Sebagai contoh, misalnya saya memiliki 3 block berikut:

block

Block editor app inventor

 Maka apabila 3 block di atas disusun, akan membentuk sebuah block baru sebagai berikut:

block2

Block sebuah komponen lengkap

Yang mana apabila diterjemahkan ke dalam sebuah kalimat, berbunyi: “Ketika tombol Ucapkan (Btn_Ucapkan) ditekan, maka bunyikan “Suara” dengan pesan (Text) yang telah diinputkan user pada “Kotak_Teks”.  App Inventor bisa dioperasikan secara online maupun offline.

Saat ini kami masih sedang menyelesaikan pembuatan aplikasi ini, dengan deadline akhir Bulan Mei ini. Namun ada beberapa siswa yang sudah berhasil menyelesaikannya. Berikut hasil aplikasi yang telah berhasil dibuat oleh siswa saya bernama Austin Fascal Iskandar untuk Materi Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI.

https://www.youtube.com/watch?v=qC2XtJK1uxI

Video dibuat menggunakan Photo Story 3 for Windows

Jika teman-teman Guraru ingin mencoba file .apk untuk mata pelajaran tersebut, silahkan diunduh di sini. Sedangkan untuk file lainnya masih dalam proses pengerjaan sampai deadline waktu yang telah terjadwal di atas.

Meski menurut sebagian orang pembuatan aplikasi menggunakan App Inventor ini relatif mudah, namun bagi siswa saya (yang sebelumnya telah belajar Visual Basic.Net), menggunakan aplikasi ini ternyata lebih sulit dari pada coding menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net..he..he.. Hal ini mungkin dikarenakan mereka sudah terbiasa dan asyik coding dari pada bermain logika drag and drop.

Apapun itu, tetapi yang jelas dengan mengerjakan project ini mereka bisa belajar dan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan menciptakan produk yang bisa bermanfaat untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah, terutama untuk mata pelajaran produktif/kejuruan yang memang belum banyak kita jumpai aplikasinya, bahkan di play store sekalipun. Semoga aplikasi buatan Siswa SMKN 3 Jombang ini bisa menginspirasi siswa di sekolah lainnya. Amin 😀

https://www.youtube.com/watch?v=7Z0xOGmBJo4

Video dibuat menggunakan Ms PowerPoint 2013