Kota Makasar memang selalu menarik untuk dikunjungi. Setelah sebelumnya saya berkolaborasi dengan guru-guru di SMAN 3 Maros (baca My Moodle in Maros), visit this kali ini saya bersama Tim Trainer Microsoft Andri Pradhana, Edy ThomasNeny Else, dan Microsoft Teacher Ambassador Grace Candra, Rima Artha Manurung, serta Manager Microsoft Education Indonesia Bapak Obert Hoseanto, kembali ke kota ini untuk bertemu dengan kawan-kawan widyaiswara dan guru dari propinsi Sulawesi Selatan dan Gorontalo, Makasar dalam acara Workshop Microsoft Teaching with Technology.

Microsoft Team

Workshop ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Kelautan, Perikanan, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK- KPTK) Gowa, Makasar bekerja sama dengan Microsoft In Education selama 3 hari, dimulai tanggal 11 Februari s.d 13 Februari 2016.

Peserta terdiri atas sekitar 120 orang guru dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA dan widyaiswara dari propinsi Sulawesi Selatan dan Gorontalo serta beberapa staf LPPPTK KPTK yang terbagi dalam 3 kelompok berdasarkan tingkat penguasaan terhadap teknologi informasi yang dimilikinya. Pembagian kelompok ini dimaksudkan untuk memudahkan penerimaan dan penyampaian materi dari trainer kepada peserta.

Para peserta widyaiswara dan staf LP3TK – KPTK

Materi yang disampaikan pada workshop kali ini disesuaikan dengan kemampuan peserta yang sebagian besar masih awam terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Materi penguasaan dasar teknologi untuk pembelajaran menjadi prioritas utama pada workshop ini, seperti pengenalan system operasi Windows, manajemen file, aplikasi Ms Office untuk administrasi dan pembelajaran, pengolahan nilai dan eksplorasi internet untuk mencari konten pembelajaran.

Para peserta guru dari propinsi Sulawesi Selatan dan Gorontalo

Meski begitu, untuk peserta dengan tingkat penguasaan IT yang lebih, kami kelompokkan dalam kelas khusus yang menerima materi tingkat lanjut, seperti :
Office 365, yang mencakup:

  • Pendaftaran account
  • Outlook
  • Onedrive
  • Office online
  • Skype
  • Collaborative learning using onenote
  • Onenote class notebook creator


Pembelajaran abad 21, yang mencakup:

1. Collaboration
2. Self Regulation
3. Knowledge Construction
4. Real World Problem Solving
5. The use of ICT
6. Communication

dan materi Teaching With Technology, sebuah pemahaman inti dari pembelajaran berbasis technology sesuai dengan framework yang disusun oleh UNESCO. Dalam hal ini guru diarahkan agar memiliki kompetensi berstandar internasional dengan dibuktikan melalui sertifikat MCE (Microsoft Certified Educator).

Materi pembelajaran abad 21 bersama Microsoft Teacher Ambassador

Kegiatan Workshop Teaching with Technology merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial dari Microsoft dalam upaya mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia. Microsoft saat ini sedang berinvestasi besar terhadap dunia pendidikan dengan berkontribusi pada peningkatan sumber daya guru di bidang teknologi untuk pembelajaran dan menyediakan berbagai aplikasi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa di kelas.

Bu Neny dan Pak Thomas in Action 😀

Microsoft menawarkan perangkat gratis untuk membantu dosen/guru/siswa dalam berbagai mata pelajaran, mulai dari pembuatan film, kolaborasi, sains dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di sini.

Selain itu Microsoft juga menyiapkan tenaga trainer yang siap mendampingi guru dan siswa dalam memanfaatkan aplikasi pembelajaran tersebut sampai benar-benar dapat diterapkan di kelas. Semua tersedia secara gratis! Tinggal kitanya aja.. mau memanfaatkan atau tidak..he..he..

Berada di Makasar rasanya tidak lengkap jika tidak dimanfaatkan untuk wisata kuliner 😀

Makasar sepertinya menjadi gudang kuliner yang semuanya menarik untuk dicoba. Bersama Bpk Imran, kami diantar jalan-jalan ke kawasan wisata kuliner untuk menikmati makanan khas Makasar, seperti Iga bakar dan sop konro karebosi, pallu basa, mie titi, dan beraneka sea food. Saya sendiri sampe mabuk.. karena kebanyakan makan konro.. ?

Pantai Losari

Selanjutnya kawasan Wisata Alam Bantimurung dan Pantai Losari tentu tidak boleh dilewatkan. Kegiatan ini menjadi akhir perjalanan yang menyenangkan di Makasar.

Kawasan wisata alam Bantimurung

Kami berharap bisa mengunjungi kota ini lagi dan meneruskan kerja sama dengan LP3TK-KPTK dan dinas setempat untuk menularkan semangat belajar IT bersama para pendidik di sana.

Kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh panitia dan staf LP3TK-KPTK, terutama Bpk. Imran, yang telah mempersiapkan acara workshop ini dengan baik. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut dan dilaksanakan kembali di kemudian hari. Amin..