Tiga hari ini saya bersama dengan sekitar 67 orang perwakilan dari guru seluruh Indonesia, Pustekkom, P4TK dan Kemenristek mengikuti acara Temu Karya Komunitas Rumah Belajar Kemdikbud, yang bertempat di Hotel Pangrango 2 Bogor. Acara ini berlangsung mulai hari Kamis tanggal 16 kemarin dan berakhir hari ini, 18 Mei 2013.

Para anggota Komunitas Rumah Belajar Kemdikbud

Undangan untuk mengikuti acara ini saya terima melalui Email dari Group Komunitas Rumah Belajar Kemdiknas yang di forward teman-teman ke email sekolah.

Sebenarnya agak kaget juga ketika mengetahui nama saya tecantum diantara 30 guru peserta terpilih yang akan mengikuti acara ini. Karena saya merasa tidak begitu aktif di kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Rumah Belajar Kemdikbud, meski saya kerap mengunjungi website resminya untuk mencari tahu informasi terbaru seputar kurikulum ’13 dan dan beberapa kebijakan terkait sertifikasi guru. Maka, menjadi bagian dari komunitas ini adalah sesuatu bangets… 🙂

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh PUSTEKKOM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mengisi dan mengembangkan konten Portal Rumah Belajar Kemdikbud dengan materi-materi ajar yang nantinya bisa digunakan sebagai acuan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah.

Karena baru pertama kali mengikuti kegiatan ini, maka saya harus mengeksplor terlebih dahulu konten portal rumah belajar kemdikbud untuk mengira-ngira apa yang nanti harus saya lakukan. Beruntung saya mendapatkan teman sekamar yang baik, Ibu Rizma Panca Triani dari SMKN 1 Pangkal Pinang, yang sudah beberapa kali mengikuti kegiatan ini. Bu Rizma bersedia menjelaskan kepada saya tentang kegiatan yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Menjelang pembukaan acara ini, kami makan malam di tempat yang telah disediakan. Selanjutnya kami menuju ke Aula Papandayan I untuk mengikuti acara pembukaan.?Berkumpul dengan teman-teman yang hampir semuanya baru, membuat saya merasa agak tidak nyaman… Tapi, ya sudahlah.. mengalir ajo..

Tim panitia membuka acara ini dengan menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan, yaitu untuk menambah dan mengembangkan konten dan materi baru pada portal Komunitas Rumah Belajar, memperkenalkan fitur baru portal Rumah belajar Kemdikbud dan Kelas Maya serta melakukan evaluasi untuk mendapatkan masukan dari anggota Komunitas Rumah Belajar yang mengikuti acara ini.

Pengenalan portal belajar kemdikbud disampaikan oleh Hendriawan dari Pustekkom, yang mengenalkan fitur portal rumah belajar kemdikbud yang baru, yaitu Kelas Maya, Pengembangan profesi berkelanjutan, Wahana Jelajah Angkasa, Video Sosialisasi kurikulum 2013, dan fitur Pusat Sumber belajar yang saat ini sedang kami kembangkan kontennya.

Dilanjutkan dengan presentasi oleh Bapak. Dr. Ir. Agus Puji P., M.Eng, perwakilan dari kemenristek yang menjelaskan tentang Perkembangan inovasi teknologi di bidang pendidikan. Beliau menjeaskan tentang berbagai jenis inovasi teknologi yang dapat digunakan untuk pengembangan pengetahuan.

Inti dari acara ini adalah diskusi antar kelompok yang dipimpin oleh Bpk. Hasan Chabibie,?perwakilan dari Kemdikbud, untuk menyiapkan media pembelajaran yang akan diunggah pada portal rumah belajar kemdiknas. Dalam diskusi ini, peserta dibagi menjadi 6 kelompok yang pada akhir acara akan mempresentasikan media pembelajaran yang akan diunggah pada portal Komunitas Rumah Belajar.

Evaluasi tentang kegiatan Temu Karya Komunitas Rumah Belajar Kemdikbud selama 3 hari dan fitur portal rumah belajar kemdikbud menjadi agenda terakhir sebelum acara ini ditutup. Kritik dan saran yang membangun disampaikan oleh peserta untuk pengembangan fitur dan konten rumah belajar Kemdikbud ke depannya.

Acara ini adalah langkah awal bagi komunitas ini untuk mengembangkan media, konten dan materi pembelajaran supaya dapat menjadi acuan bagi pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia… Amin 😀

Soetta, 18 Mei 2013.