Pada dasarnya tiap orang dapat mengambil makna yang berbeda terhadap sebuah peristiwa yang dikuti sama-sama. Keadaan tersebut dilandasi perbedaan titik landas, cara pandang yang berbeda. Jika dirangkum dalam sebuah ungkapan” apa yang dilihat dan dimaknai seseorang bergantung pada “kursinya”. Kali ini kursi yang saya pakai tentunya kursi panitia. Dan kita bisa ambil contoh, bagaimana pribadi kita memaknai workshop “Pengembangan  Bahan Ajar dan Bahan ujian berbasis TIK” yang diselenggarakan Dinas Kab. Jombang 2009 kemarin.
Kalau mau jujur, ada beberapa hal yang membuatku tertarik menerima tawaran menjadi fasilitator (untuk yang kedua kalinya) pada tahun ini.

Pertama, saya tidak mau menolak kepercayaan yang telah diberikan Dinas Pendidikan. Kedua, keinginan untuk melihat dunia luar (supaya tidak hanya “jago di kandang”).  Ketiga, keinginan untuk memberikan secuil ilmu yang dimiliki kepada yang membutuhkan…(hallah!) dan tentunya untuk Refresing-lah!
Hari pertama, dengan bersemangat menuju SMKN 3 Jombang membayangkan ketemu dengan orang2 yang tidak setiap hari saya temui. Sesampai di sana agak sedikit terkejut melihat tempatnya, “Beda dengan tahun lalu..(tahun 2008  lalu di aula Dinas Pendidikan Kab. Jombang)”, bisik dalam hati. “Mudah-mudahan everything’s running well!”.
Setelah acara pembukaan, dimulailah sesi pertama, muncullah seorang fasilitator cewek yang kata orang2 agak sedikit manis (ciee.. ;) ) namanya Amiroh.

Pasti menyenangkan, “Materi Internet”! Bla..bla..bla..dan..giliran waktunya praktek..

“Wireless network not connected”.. Jedak!
Panitia panik..peserta kipas2 dan geleng2 ( sumuk! )

Waktu menunjukkan pukul 11.15, tapi belum juga teratasi. Akhirnya panitia mengambil inisiatif untuk mengubah jadwal. Materi yang seharusnya diberikan hari ke-2 diberikan hari itu juga… Alhamdulillah..peserta terkondisikan…

Ganti sesi, Muncullah fasilitator yang digemari banyak ibu2…Pak mulyono dan…Everything runs well.
Hari ke-2 : Agak sedikit nyantai, fasilitator dari pusat Bpk Imron dan tim dari Klub Guru. Materi LMS (learning Management system) Moodle.

Hari ini mencoba menjadi peserta, itung2 sambil mendalami LMS, soale dulu pas workshop di Bogor “BELUM TUNTAS”, keburu berpindah kelain hati (CMS).

Berdampingan dengan peserta mendengar penjelasan fasilitator. Sambil lirik kanan. Lirik kiri, “Kira2 orang2 ini ngerti nggak ya?”, pikirku. Pasti ngertilah, meski tidak bisa dibilang muda, mereka ‘kan para guru, pasti otaknya encer2.

Saatnya  instalasi program XAMPP dan Moodle.
Waktunya pendampingan! Installing completed…(XAMPP terlewati..)

“Double klik icon Start Moodle…untuk install moodle!!”,ujar narasumber.

Oops! Sorry, but nothing to do.. ( Ada masalah..)

Peserta panik! Narasumber terjun ke peserta..What’s wrong???
Panitia mendinginkan suasana dengan menjelaskan apa yang terjadi.. “Calm down! Everything’s gonna be ok!

Tak lama kemudian cobaan terus berlanjut, “Listrik Padam!”, Uugh!. Wassalam..Dan hari itu workshop hari ke-2 berakhir…
Hari ke-3 : “What a great day”…Wireless network connection, status Connected, Signal : Excellent..Yes!
Pagi itu ada yang datang jam 7 berharap supaya dapat sinyalnya bagus, padahal kemarin sudah dikondisikan panitia supaya koneksi internetnya bagus..sampai2 kerjasama dengan Telkom.

Alhamdulillah, berkat kebaikan Telkom kita dapat koneksi internet HOTSPOT free of charge alias GRATIS…TIS! Mudah2an Telkom semakin laris…
Sesi kedua hari itu, registrasi di Pusat Sumber Belajar (PSB), semua berhasil lancar.. peserta senang, panitia apalagi.. Sore itu semua Online di PSB (maaf kalau admin PSB jadi kuwalahan melayani orang2 nJombang).
The last day : Presentasi hasil tugas dari peserta. Senangnya lihat peserta berebut maju untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya selama 4 hari. Akhir dari acara, pengarahan yang disampaikan oleh Kabid Dikmenum Bapak Drs. Syaifulloh, M.Si, yang secara khusus datang walaupun beliau baru pulang dari Bandung.. dan Alhamdulillah, semua berjalan lancar.

Misi Dinas Pendidikan Kab. Jombang BERHASIL… Thanks God! Terima kasih teman-teman Dinas Pendidikan Kab. Jombang, terima kasih semua panitia, terima kasih peserta, terima kasih semuanya…semoga kita bisa ketemu lagi di tahun yang akan datang. Amin..
Amiroh ?