Selalu menyenangkan berada diantara guru-guru yang selalu haus akan ilmu pengetahuan, discount tak pernah mati dalam berinovasi dan tak pernah gentar menghadapi tuntutan…

Siang ini saya berada di tengah-tengah guru SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Jombang sebagai Fasilitator pada Worskhop/pelatihan Pengembangan Bahan ajar dan ujian Berbasis TIK. Bersama teman saya Bpk Fajar Indra Kurniawan, viagra 40mg kami berdua memandu acara ini mulai hari ini sampai 3 hari kedepan.

SMA DU2 adalah salah satu sekolah yang telah membesarkan saya. Di mana Saya memulai menjadi guru adalah di sekolah ini.

Saya masih ingat ketika saya pertama kali mengajar di sekolah ini, visit this site ketika itu tahu 1999. Kondisi saat itu tentu sangatlah berbeda dengan SMA DU2 sekarang. Meski demikian, tetap Saja SMA DU2 selalu menjadi yang terbaik diantar sekolah lain pada setiap masanya. Dan sekarang, sekolah ini sudah menjadi sekolah RSBI. Wow!

Menjadi sekolah RSBI, tentu menjadi dambaan hampir semua sekolah di Indonesia. Tidaklah mudah, menyandang status RSBI apalagi SBI. Semua ada prasyarat dan aturan yang harus dipenuhi oleh tiap sekolah yang menyandang status ini. Salah satunya adalah penguasaan Bahasa Inggris dan IT oleh setiap civitas akademika sekolah yang bersangkutan.

Maka tidak heran, Pemerintah dan sekolah selalu berusaha mengingkat SDM gurunya melalui pelatihan-pelatihan ICT dan bahasa inggris, baik yang diselenggarakan oleh pusat maupun daerah (sekolah).

Dan, Pelatihan kali bukanlah yang pertama bagi SMA DU2, tercatat sudah beberapa kali SMA DU2 mengadakan pelatihan serupa. SMA DU 2 memang selalu memberikan kesempatan dan memotivasi semua staf pengajarnya untuk meningkatkan kompetensinya.

Pada Kegiatan Pelatihan kali ini peserta dibagi menjadi 2 Rombel, yaitu Rombel BASIC, untuk guru yang belum begitu familiar dengan komputer dan ADVANCE untuk guru, yang setidaknya pengetahuan komputernya lebih matang.

Kebetulan, saya dan rekan saya tersebut mendapat tugas untuk memfasilitasi Rombel Advance. Dan Pada hari pertama, siang ini, peserta Advance akan kami ajak untuk mengoptimasikan bahan ajar yang sudah pernah dibuatnya dengan memodifikasi serta membuatnya supaya lebih interaktif, dengan menyisipkan gambar dari animasi flash dan video serta kuis interaktif  menggunakan script VB untuk penscorannya. Semua kami lakukan menggunakan Program Ms Powerpoint.

Peserta juga dipandu untuk membuat visualisasi materi dengan menggambarkannya dan memberi animasi pada gambar yang sudah dibuat.

Pada bagian ini juga disampaikan pembuatan hyperlink untuk menautkan semua bahan ajar yang sudah dibuat sehingga terlihat lebih rapi dan profesional.

Bagian akhir dari dari pembuatan bahan ajar ini adalah menampilkan hasil dari bahan ajar yang sudah dibuat dengan menggunakan Plugin iSpring presenter dan Powerplug.

Kegitan ini dimuai pukul 12.00 dan berakhir 16.30. Waktu 4,5 jam menjadi tidak terasa, melihat antusias teman-teman guru dalam bertanya dan mengaplikasikan materi yang disampaikan.

Selamat belajar Guru-guru era baru. Mudahan semangat kita menjadi motivasi dan prestasi tersendiri bagi kita dan anak didik kita. Amin