Tak dipungkiri, sejak diberlakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), saat ini hampir setiap sekolah aktif mengajak guru-gurunya untuk mulai mengembangkan materi ujiannya menggunakan ujian/kuis interaktif berbasis komputer.

Dan beberapa hari yang lalu saya bersama dengan lebih dari 100 orang guru dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet dan Surabaya, belajar bersama dalam kegiatan “Workshop Pembuatan Kuis Interaktif Berbasis Komputer”. Acara ini digagas oleh Penerbit Erlangga dan dilaksanakan di Aula Penerbit Erlangga di kawasan Sidoarjo, Jawa Timur.

Bersama para guru PP Amanatul Ummah

Kali ini saya didampingi oleh tim dari Erlangga memandu para guru membuat kuis interaktif menggunakan Wondershare Quiz Creator.

Wondershare Quiz Creator merupakan salah satu dari sekian banyak tools yang bisa digunakan untuk membuat kuis interaktif.  Wondershare Quiz Creator mudah digunakan karena tidak dibutuhkan koneksi internet dalam membuatnya. Fitur didalamnya juga lengkap, menyediakan hampir semua kebutuhan guru dalam membuat kuis interaktif. Wondershare Quiz Creator ini mudah digunakan bahkan oleh para pemula sekalipun.

Jika anda tertarik, bisa mencobanya dengan mengunduh file installer-nya di sini dan panduan penggunaannya di sini (terima kasih untuk Bu Neny Else atas sharing modulnya).

Para peserta workshop

Tidak butuh waktu lama untuk mentransfer materi kuis ini, karena sebagian besar guru telah menguasai dasar pengolahan informasi digital. Sehingga dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 jam, para guru berhasil membuat kuis interaktif sampai dengan mengolah nilai hasil kuis tersebut.

Semoga acara workshop ini bermanfaat bagi peserta dan semua guru yang ingin mengembangkan bahan ujian menggunakan kuis interaktif berbasis komputer. Amin.. 🙂