Akhir-akhir ini banyak website yang dibangun melalui aplikasi CMS yang menampilkan Article/News Slider maupun Image SlideShow pada tampilan depan (homepage) nya, baik yang menggunakan WP (seperti Featured News pada halaman depan website saya ini) maupun yang menggunakan Joomla .
Jika anda menggunakan WP, maka anda bisa secara langsung mendapatkan Widget tersebut dari template yang sudah anda pilih dan download secara gratis. Akan tetapi jika anda menggunakan Joomla, agaknya anda harus bersabar, karena masih sedikit bahkan hampir tidak ada (setelah melakukan pencarian hampir 1 bulan) template joomla, yang mendukung Article Slider / News Slider. Kalaupun ada, semua berbayar, alias anda harus membeli untuk bisa mendownloadnya.
Namun, anda tetap bisa mempercantik website Joomla anda dengan menambahkan module Joomla yang sedikit banyak bisa memenuhi keinginan anda tersebut, yaitu dengan menggunakan module untuk menampilkan article / news slider termasuk gambar yang ada di dalamnya.
Setelah hunting sana sini, akhirnya saya dapat Module Blaze Slide Show!!. Module ini berguna untuk menampilkan gambar beserta deskripsinya. Module ini bisa anda tempatkan pada posisi module yang anda inginkan, sesuai dengan template yang anda gunakan.
Module ini dapat menampung banyak gambar beserta deskripsinya, termasuk anda juga bisa memilih 15 jenis efek untuk gambar yang anda tampilkan dan 5 jenis efek teks untuk deskripsinya.
Anda juga bisa mengatur warna border, teks, menentukan Link tujuan dari setiap gambar yang tampil. Pokoknya keren abis!!!!
Sayangnya pada uji coba module kali ini tidak bisa saya praktekkan pada localhost saya. Sehingga saya harus mengujicobanya secara langsung (online) dengan meminjam sedikit space dari hosting website sekolah saya. Dan hasilnya tidak jauh dari tampilan ini. Keren kan???
Mudah-mudahan module ini bisa dipraktekkan di localhost anda. Berikut ini cara instalasinya.
1. Download-lah module tersebut dan install-lah (ikuti petunjuk instalasinya pada artikel saya “Menginstal Extension joomla”. Jika sudah terinstall pastikan file permission untuk Module Blaze Slide Show ini (755/775/777). Caranya :
– Masuklah ke cpanel anda dan pilih File Manager, atau anda bisa masuk melalui Filezilla FTP.
– Carilah folder /modules/mod_xmlswf_blaze dan klik kanan, pilih file permissions. Maka kotak dialog Change File Attributes akan ditampilkan.


– Ubahlah file permission menjadi 755/775/777.
– Jika sudah, klik OK
2. Kembalilah ke Backend Joomla dan Sekarang kita tampilkan Module yang sudah terinstall tadi di halaman depan website kita. Caranya :
Klik Menu Extension, Module Manager, dan Klik Icon New.
Maka akan muncul jendela Module Manager: Module mod_xmlswf_blaze berikut :


Pada isian :
Title : Isikan Module, misalnya “Featured Topics
Position : Pilih posisi yang diinginkan dengan mengeklik tombol drop down Select position. Baca tutorial sebelumnya Melihat posisi Module Joomla.
Publised : Published
Access : Public
Ordering : –
Show title : Show
Start Publishing : Dikosongkan saja
Finish Publishing : Dikosongkan saja
Lainnya biarkan sesuai dengan Defaultnya.
Untuk pengaturan Module ini secara lengkap bisa anda baca di sini.
3. Pada isian :


Flash object width (px) : Isikan lebar objek dalam ukuran pixel
Flash object height (px) : Isikan tinggi objek dalam ukuran pixel
Image Source : Isikan dengan path file lokasi masing-masing gambar berada
Image Description : Isikan dengan deskripsi masing-masing gambar (1 baris untuk 1 gambar)
Image title : Isikan dengan Judul masing-masing gambar
Image Link : Isikan dengan link tujuan ketika gambar tersebut di klik
Untuk pengaturan selanjutnya, silahkan baca panduannya secara lengkap, termasuk pilihan efek transisinya untuk teks dan imagenya.

4. Jika sudah selesai, Klik Save and Close.
5. LIhatlah hasilnya dengan merefresh homepage anda.
Catatan : Template yang saya gunakan kali ini adalah siteground-j15-190, sehingga posisi yang paling bagus untuk menampilkan module ini adalah pada posisi “top” yang secara default ditempati oleh module “Newsflash“. Sehingga module Newsflash saya non-aktifkan.
Untuk tinggi posisi module ‘top’ bisa sesuaikan dengan tinggi module ini. Caranya, anda harus mengedit file “template.css“. Letak file ini berada di /templates/siteground-j15-190/css/template.css. Kemudian editlah pada bagian ini :

Simpan dan uploadlah kembali. Selanjutnya Refreshlah untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba.