Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sebelum menjadi Juara 1 Guru SMK Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2019 ini, saya pernah mencoba mengikuti seleksi guru berprestasi tingkat kabupaten Jombang, sekitar tahun 2015 yang lalu.

Saat itu, seperti seleksi guru berprestasi pada umumnya, saya mengikuti rangkaian seleksi mulai dari tes tertulis, psikotest, mengumpulkan portofolio dan presentasi best practice yang di depan juri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang yang saat itu dipimpin oleh Bpk. Suyono selaku pengawas SMK.

Sejujurnya, menjadi peserta pemula guru berprestasi saat itu adalah karena dipaksa oleh sekolah..hehe.. Yaa.. waktu itu tidak ada guru yang mau mewakili, sehingga tanpa persiapan khusus, saya memberanikan diri mengajukan sebagai peserta guru berprestasi dengan persiapan media dan portofolio seadanya. Kebetulan saat itu saya sedang mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Android Pintar Jaringan (Pijar), sehingga saya menggunakan media ini sebagai konten best practice saya. Dalam hal penyusunan portofolio, saat itu juga tidak ada panduan khusus dari kabupaten, sehingga berkas portofolio saya susun berdasarkan penduan guru berpretasi tingkat nasional yang saya unduh melalui internet.

Mulai saat itu saya berusaha mengumpulkan berkas-berkas portofolio saya, seperti kegiatan pelatihan yang pernah saya ikuti, baik sebagai narasumber maupun peserta. Saya mulai mengumpulkan dan menyusun dokumen surat tugas, foto-foto kegiatan dan laporan kegiatan (sesuai dengan buku 4 Penilaian Angka Kredit). Selain kegiatan pengembangan diri, saya juga mengumpulkan dokumentasi keikutsertaan dalam lomba/kompetisi di bidang pendidikan yang pernah saya ikuti. Kebetulan saat itu saya pernah mengikuti beberapa lomba dan mendapatkan penghargaan.

Semua karya yang pernah saya ikutkan lomba saya dokumentasikan dalam bendel berupa karya tulis ilmiah (penelitian pengembangan) aplikasi pembelajaran baik berbasis web maupun android.

Selain itu, saya juga mengumpulkan dokumentasi saat saya melakukan pembimbingan siswa ketika akan mengikuti lomba. Dokumentasi ini berupa Surat Tugas, foto-foto kegiatan dan sertifikat (baik yang dapat juara dan tidak dapat juara). Melalui seleksi berkas-berkas ini dan presentasi best practice ini saya berhasil mendapatkan Juara 2 Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang tahun 2015.

Alhamdulillah.. hehe..