Mengakhiri bulan Oktober tahun ini, saya disibukkan dengan kegiatan Implementasi K13 untuk Guru Sasaran di Kota Surabaya. Acara yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober sampai dengan 1 November 2015 ini bertempat di SMKN 1 Surabaya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama saya sebagai Instruktur Nasional K13 untuk SMK Produktif setelah sebelumnya mengikuti diklat Instruktur Nasional selama 7 hari di P4TK BOE Malang. Baca Instruktur Nasional SMK Produktif.

Tidak banyak berbeda dengan kegiatan diklat yang saya ikuti sebelumnya, pada pelatihan K13 guru sasaran kali ini juga menyajikan materi yang telah saya terima sebelumnya. Para guru, peserta pelatihan sebagian besar belum pernah mengikuti pelatihan K13. Saya sendiri, masih belum begitu hafal dengan semua Permendikbud yang berkaitan dengan Implementasi K13, sehingga dalam menyampaikan materi, masih harus ngrepek sedikit-sedikit 😛

Jujur, meski saya tercatat sebagai Iustruktur Nasional, namun saya masih terus harus belajar, berbagi pengalaman dengan para guru dari sekolah lain yang telah terlebih dahulu menerapkan Kurikulum 2013 di sekolahnya. Maka, saya lebih suka menyebut pelatihan ini sebagai ajang berbagi pengalaman dan belajar menerapkan K13 secara tepat. Dengan demikian, tidak ada batasan status antara instruktur dan peserta dalam belajar merencanakan kegiatan pembelajaran di sekolah berbasis Kurikulum 2013.

Dalam implementasi K13 untuk guru sasaran kali ini saya didampingi oleh Bpk. Taufiq Priyolaksono dari SMK Negeri 4 Malang. Beberapa widyaiswara dari P4TK BOE Malang juga ikut turun gunung mendampingi kegiatan workshop ini.

Selain jurusan TIK, workshop kali ini juga diikuti oleh jurusan Pemesinan dan Bangunan dalam kelompok kelas yang berbeda. Akhir dari kegiatan ini, 3 guru mendapatkan penghargaan karena memperoleh nilai tertinggi berdasarkan nilai pre test, post test, dan keaktifan di dalam mengikuti materi di kelas.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi saya pribadi dan para peserta dalam mengembangkan materi dan proses pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah. Amin..