Hari Kamis, tanggal 22 September 2016 kemarin saya berada di Universitas Narotama Surabaya untuk mendampingi siswa saya dalam mengikuti Olimpiade Jaringan (Mikrotik) yang diadakan oleh APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) bekerja sama dengan Mikrotik.co.id dan beberapa Universitas di Indonesia.

Para peserta Olimpiade Jaringan Mikrotik 2016

Olimpiade Jaringan Mikrotik 2016 merupakan kompetisi jaringan komputer yang khusus ditujukan untuk siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Sekolah Menengah Kejuruan. Tahun ini olimpiade Jaringan Mikrotik untuk pertama kali digelar di 5 kota, yaitu Makasar, Surabaya, Jogjakarta, Pekanbaru dan Bandung. Acara ini digagas oleh Bpk, Valens Riyadi selaku Direktur CV. Citraweb Nusa Infomedia – Authorized Distributor of Mikrotik and Routerboard – www.mikrotik.co.id.

Bpk, Valens Riyadi membuka acara Olimpiade Jaringan 2016

Saat membuka acara ini, dalam paparannya Pak Valens  menceritakan tentang kronologi diadakannya event ini, yaitu karena minimnya kompetisi untuk siswa SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Selama ini tidak banyak pilihan kompetisi untuk menguji kompetensi siswa jurusan TKJ, selain Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang digelar setiap tahunnya.

Pada pelaksanaannya pun LKS tidak bisa menjangkau setiap sekolah untuk bisa berpartisipasi, karena beberapa alasan yang tertentu. Dengan diadakannya Olimpiade Jaringan Mikrotik yang bisa diikuti secara gratis, maka semua SMK Jurusan TKJ berkesempatan untuk menguji kemampuan dalam bidang jaringan komputer, khususnya Mikrotik RouterOS.

Para peserta Olimpiade Jaringan Mikrotik 2016

Beliau juga menjelaskan bahwa selain sebagai penghasil produk Mikrotik, Mikrotik juga bertanggung jawab untuk mengadakan training bagi penggunanya, bahkan Mikrotik mendukung sekolah-sekolah untuk mengikuti program MikroTik Academy. Saya sendiri berharap sekolah saya, SMKN 3 Jombang dapat menjalin kerja sama dan mengikuti program ini.

Pelaksanaan olimpiade ini terdiri atas 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilakukan dalam 2 tahap, yaitu Tahap 1, tes tertulis dan tahap 2, kuis interaktif. Pada tahap 1, masing-masing tim yang terdiri atas 2 siswa, mengerjakan soal tulis pilihan ganda sejumlah 50 soal dalam waktu 60 menit. Hasil dari tahap 1, akan dipilih 9 tim dengan nilai tertinggi yang akan masuk ke tahap ke-2.

Selanjutnya 9 tim yang lolos ke tahap 2, akan dibagi dalam 3 kelompok berikut:

  1. Kelompok 1 : diikuti oleh ranking 1, 6 dan 9
  2. Kelompok 2 : diikuti oleh ranking 2, 5 dan 8
  3. Kelompok 3 : diikuti oleh ranking 3, 4 dan 7

Tahap 2, yaitu Kuis Interaktif. Pada tahap ini, dibagi ke dalam 3 sesi untuk masing-masing kelompok. Masing-masing tim menjawab soal wajib yang terdiri atas 3 soal dan soal rebutan yang terdiri atas 10 soal. Masing-masing pertanyaan berkisar seputar Subnetting, Firewall, Routing, Wireless Security, Instalasi Mikrotik, Simple queue, Level lisensi dan seterusnya sebagaimana yang telah diinformasikan di websitenya.

Pada kuis interaktif ini Pak Valens sendiri yang membacakan pertanyaannya. Gaya bertanya yang santai dan deskriptif, membuat siswa lebih mudah memahami pertanyaan yang dimaksud.

9 Tim yang lolos tahap 2

Juara 1 dari masing-masing kelompok akan mengikuti babak final di Jakarta pada tanggal 12 Oktober 2016.

Alhamdulillah, siswa SMKN 3 Jombang yang diwakili oleh Ryan Aunur Rassyid dan Imron Noor Fawzie berhasil masuk 9 besar yang lolos ke tahap 2 dari 50 peserta Regional Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara. Hal ini di luar dugaan saya, mengingat tidak banyak persiapan yang kami lakukan sebelum mengikuti kompetisi ini. Niat awal kami mengikuti kompetisi ini adalah untuk belajar dan mencari pengalaman saja, terutama bagi siswa saya yang baru pertama kali mengikuti kompetisi.

9 Tim yang lolos tahap 2

Jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang telah mengikuti program Mikrotik Academy, maka siswa SMKN 3 Jombang masih sangatlah jauh kompetensinya. Oleh karena itu kami berharap dengan mengikuti kompetisi ini, bisa menambah wawasan, bertukar informasi dan menjalin relasi dengan sekolah lain yang mengikuti kompetisi ini.

9 Tim yang lolos tahap 2

Meski langkah kami harus terhenti di tahap 2, namun bagi kami bisa lolos ke tahap 2 merupakan kesempatan yang luar biasa sekaligus memberi semangat kepada kami untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi supaya tahun depan bisa lolos sampai babak final.. he..he.. (ngayal dikit 🙂 )

Dan tahun ini untuk region surabaya, sekolah yang berhasil menuju babak final adalah SMKN 1 Cerme, SMK Telkom Malang dan SMK PGRI Wlingi.

Para pemenang region Surabaya yang lolos ke babak final

Saat para siswa mengerjakan soal, para pembimbing berkumpul di ruang yang telah disediakan untuk menerima informasi yang berkaitan dengan Universitas Narotama Surabaya. Sesi ini cukup menyenangkan dan membuat para pendamping tidak merasa bosan ketika menunggu siswa. Apalagi pengisi acara, Mbak Danar yang cantik menyajikan presentasinya dengan centil dan rame.. yang membuatkan kami tidak merasa mengantuk.

Presentasi tentang Univeristas Narotama Surabaya oleh Mbak Danar

Kesan saya terhadap pelaksanaan Olimpiade Jaringan Mikrotik ini adalah amazing..!! ‘cos the committee treated us very well. Teknis pelaksanaan kegiatan ini tertata sangat rapi, panitia bekerja sangat profesional dimulai sejak online registration sampai pada akhir acara pemberian sertifikat dan souvenir berupa Routerboard dan kaos. Semuanya berlangsung tertib dan lancar.

Saran saya untuk teman-teman dari sekolah lain yang belum mengikuti kompetisi ini, supaya mempersiapkan diri agar tahun depan bisa berpartisipasi dan tidak perlu pesimis meskipun sekolah belum menjalin kerja sama dengan MikroTik Academy. Dengan usaha yang keras serta niat untuk belajar, insyaallah akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua panitia Olimpiade Jaringan Mikrotik, terutama Bpk. Valens Riyadi atas idenya mengadakan event ini, Professional Judges dan Universitas Narotama  atas jamuan dan goody bag-nya (tumbler-nya keren loh!!)

Bersama Bpk. Valens dan Tim SMKN 3 Jombang

Semoga tahun depan SMKN 3 Jombang dapat kembali berpartisipasi lebih baik lagi dan pelaksanaan olimpiade tahun ini berjalan dengan baik dan lancar sampai acara puncak babak final. Amin.

See you next year in a better opportunity!! 🙂