Berawal dari perbincangan iseng antara saya dan Om Jay (Wijaya Kusumah) di Hotel Ibis Mangga Dua Jakarta. Saat beliau mengunjungi saya disela istirahat pada acara Lokakarya Simulasi Digital bersama teman-teman Seamolec beberapa waktu yang lalu.

Tak lebih dari 30 menit kami bertemu dan ngobrol-ngobrol, viagra dosage membicarakan rencana teman-teman AGTIKKNAS yang saat itu akan mengadakan acara seminar pada tanggal 26 April 2014 yang lalu. Selain itu kami juga membicakan kemungkinan diadakannya acara Pelatihan Guru Ngeblog ke-2 di Surabaya, pill sebagaimana pelatihan serupa (tahap 1) juga telah berhasil dihelat di SMKN 27 Jakarta.

Gayung bersambut dan Om Jay merespon dengan baik. Tak banyak yang harus dipersiapkan untuk bisa mengadakan acara ini. Kami hanya perlu menyiapkan tempat (sekolah) yang siap untuk ditempati.

Merasa tidak banyak teman di Surabaya, and maka saya menggandeng Ibu Neny Else, teman saya dari SMAN 22 Surabaya. Bu Neny memiliki banyak relasi dan teman yang kemungkinan bisa diajak untuk bekerja sama. Selanjutnya kami berdua pun sepakat untuk menentukan tanggal pelaksanaan, yaitu Minggu, 4 Mei 2014.

Pelatihan Guru Ngeblog merupakan kegiatan sosial yang digagas oleh Om Jay (Wijaya Kusumah), dan dilaksanakan oleh anggota Facebook Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN). Komunitas ini beranggotakan para guru Indonesia yang telah memiliki blog dan memanfaatkannya untuk media pembelajaran di sekolah. Sampai tulisan ini diturunkan, telah terdaftar sekitar 4,236 orang guru sejak grup ini dibuat 3 bulan yang lalu. Jumlah ini selalu meningkat dari hari ke hari, dengan banyaknya teman-teman guru yang ingin bergabung dalam grup ini.

Sedangkan Pelatihan guru nge-blog ini sendiri dilaksanakan secara gratis, baik dari sisi peserta maupun nara sumbernya. Dengan kata lain, peserta yang ikut tidak dipungut biaya. Begitu pula narasumbernya, mereka bersedia untuk menularkan ilmunya dengan tanpa dibayar, alias GRATIS! he..he..

Untuk kepentingan pelaksanaan pelatihan guru ngeblog tahap ke-2 di Surabaya ini, beberapa sekolah telah kami hubungi, supaya bersedia ditempati untuk acara ini. Namun sayangnya.. tak satupun bersedia, tanpa alasan! he..he. Sehingga tempat yang semula kami rencanakan di sekolah (agar tidak memakan banyak biaya), akhirnya urung kami laksanakan dan kami harus menyewa tempat untuk acara ini.

Dana yang tidak terlalu banyak, membuat kami untuk berfikir untuk mencari gedung yang murah meriah sekaligus mencari sponsor guna mencukupi biaya sewa gedung pertemuan tersebut dan konsumsi peserta.

Maka kami mencoba memasukkan proposal kepada beberapa lembaga/instansi pendidikan, namun lagi-lagi..tidak banyak yang merespon. Hanya 1 lembaga pendidikan yang bersedia mendukung acara ini, yaitu Politeknik Indonesia Surabaya. Meski sumbangan dana yang diberikan belum dapat mencukupi kebutuhan, namun sumbangan mereka cukup membuat kami sedikit bernapas lega..he..he.

Menjelang hari H, kami berdua berhasil memastikan narasumber yang bersedia hadir, tempat pelaksanaan, jumlah peserta, dan konsumsi peserta. Sebenarnya tidak banyak tenaga yang harus kami keluarkan untuk mempersiapkan acara ini. Kami hanya butuh sedikit waktu untuk berkoordinasi yang hanya bisa kami lakukan melalui perangkat teknologi komunikasi (SMS, BBM dan chat FB), karena tempat tinggal kami yang berjauhan (Jombang dan Surabaya).

Jujur, saya dan bu neny sendiri baru bertemu menjelang pelaksanaan acara ini..he..he. Meski begitu, kami bersyukur karena tidak menemui kendala yang berarti.

Begitu pula pada hari H, semua narasumber bersedia datang dan memberikan materinya dengan baik. Para peserta yang datang pun hampir memenuhi semua kursi yang tersedia. Bahkan ada beberapa peserta yang tidak terdaftar, ikut bergabung hari itu.

Motivasi nge-blog dan materi pembuatan blog yang diberikan oleh para narasumber, Bpk. Eko Prasetyo (Penulis dan Wartawan Jawa Pos), Ibu Etna (Blogger aktif), Bpk. Dedi Dwitagama (Motivator) dan Om jay (Guru Paling Nge-Blog versi Kompasiana/Founder KSGN), membuat para peserta antusias dan berhasil membuat blog, serta belajar memulai menulis di blog yang telah dibuatnya.

Tak lupa pula, door prize berupa voucher makan gratis senilai total 1 juta, juga diberikan oleh Bpk. Abi, pemilik Rumah Makan Ole Olang, Bangkalan Madura, setelah sebelumnya beliau mentraktir panitia dan narasumber di rumah makan tersebut.

Sebagai panitia, kami sangat bersyukur acara ini berlangsung dengan baik, mengingat saya pribadi baru pertama kali menjadi panitia kegiatan pelatihan seperti ini. Biasanya sih.. tahu beres aja, duduk manis bahkan terkadang dilayani..he..he.. Untung ada Ibu Neny (yang tak hanya mahir ngasih materi media pembelajaran ke guru-guru), melainkan berpengalaman juga dalam kepanitiaan seperti ini 😀 Thanks ya bu Neny..

Dan sebagai panitia, tak lupa pula kami sampaikan rasa terima kasih kepada para narasumber dan semua peserta, atas segala partisipasinya dalam menyukseskan acara ini.

Buat teman-teman KSGN yang ingin mengadakan acara serupa di daerahnya, silahkan menghubungi Om Jay, dan saya pastikan beliau bisa bergabung tanpa dipungut biaya se persen pun..he..he..

Materi pelatihan guru nge-blog dapat diunduh di sini.