Pembahasan tentang Trigger saya tulis menjadi beberapa bagian dengan tujuan untuk memudahkan anda dalam memahami konsep trigger.

Pada tulisan saya sebelumnya, anda telah berhasil membuat 2 trigger untuk memberi aksi pada dua tombol, yaitu Btn_Male dan Btn_Female. Nah, Pada tulisan kali ini, kita akan belajar mengelola/mengatur trigger yang telah atau akan kita buat.

Bekerja dengan Panel Trigger 

Semua trigger yang telah anda tambahkan, akan tersimpan pada panel Trigger. Semakin banyak trigger yang anda buat, maka semakin banyak pula daftar trigger yang ditampilkan pada panel tersebut.

Pada dasarnya, panel Trigger terbagi atas beberapa bagian lokasi berdasarkan jenis objek yang diberi trigger. Pilihan parameter yang terdapat pada “When”, menentukan di mana lokasi trigger tersebut akan ditempatkan.

Pilihan Parameter Pada Trigger Wizard > “When”

Berikut penempatan lokasi trigger:

  • Slide Triggers, trigger yang diberikan pada slide akan diletakkan pada bagian atas panel Trigger.
  • Layer Triggers, trigger yang diberikan pada layer akan diletakkan pula pada bagian atas panel Trigger (berurutan dengan slide triggers)
  • Object Triggers, trigger yang diberikan pada object akan diletakkan pada bagian tengah panel Trigger.
  • Player Triggers, trigger yang diberikan pada player akan diletakkan pada bagian paling bawah panel Trigger.

Lokasi Trigger

Note:

By default, sebuah slide kosong memiliki 2 buah trigger untuk tombol Next dan Prev yang terdapat pada Player (Player Triggers). Jika anda menambahkan trigger lain, maka trigger tersebut akan ditempatkan di atas Player Triggers sesuai dengan urutan pembagian lokasi di atas.

Mengedit Trigger

Untuk mengedit trigger yang sudah ada, anda dapat mengeklik trigger-nya dan memilih ikon Edit the selected trigger. Atau anda dapat mengeklik ganda pada trigger yang akan diedit dan ubahlah pada bagian yang diinginkan.

Ikon Triggers > Edit the selected trigger

Beberapa parameter trigger juga ada yang bisa langsung diedit dari panel Trigger dengan cara mengeklik teks yang berwarna biru bergaris bawah dan pilih parameter yang akan digunakan.

Mengedit Parameter Trigger

Menyalin dan Menghapus Trigger

Anda dapat menyalin trigger dengan mengeklik trigger yang akan disalin dan pilih ikon Copy the selected trigger pada bagian atas panel Trigger. Atau klik kanan pilih Copy dan klik kanan Paste.

Sedangkan untuk menghapus trigger, anda dapat mengeklik pada trigger yang akan dihapus dan memilih ikon Delete the selected trigger atau klik kanan pilih Delete.

Mengedit/Menyalin/Menghapus Trigger

Mengatur Urutan Trigger

Anda dapat memberi lebih dari satu trigger kepada sebuah objek. Misalnya, masih pada contoh project di atas, anda akan menambahkan trigger pada Btn_Male berupa aksi menyembunyikan layer Female. Jadi, pada Btn_Male terdapat 2 trigger (aksi), yaitu menyembunyikan (hide) layer Female dan menampilkan (show) layer Male.

Membuat Trigger Hide Layer Female

Sehingga pada panel Trigger terlihat seperti pada gambar berikut:

Daftar Trigger untuk Btn_Male

Apabila sebuah objek memiliki lebih dari satu trigger, maka aksi akan dijalankan sesuai dengan urutan trigger (dari atas ke bawah). Pada contoh di atas, Btn_Male akan menyembunyikan layer Female terlebih dahulu, baru kemudian layer Male akan ditampilkan.

Untuk mengubah urutan trigger, anda dapat memilih ikon panah atas/bawah pada panel Trigger, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Ikon untuk mengurutkan trigger

Selanjutnya dengan menggunakan cara yang sama dengan di atas, tambahkan trigger pada Btn_Female dengan aksi menyembunyikan layer Male dan menampilkan layer Female. Sehingga tampilan panel Trigger akan menjadi seperti pada gambar berikut:

Daftar Trigger untuk Btn_Male dan Btn_Female

Semoga bermanfaat ya.. 😀

Download project Trigger2.story.

Referensi:
https://community.articulate.com/series/storyline-3/articles/storyline-3-working-with-triggers