Saya selalu bersemangat menuliskan tutorial yang belum banyak orang yang menulisnya. Termasuk tutorial yang akan saya tulis ini (setidaknya saya belum menemukan materi ini -yang berbahasa indonesia- di daftar index google) 😛

Yah, bagi Guru Matematika, Equation (rumus matematika) adalah hal yang wajib ditampilkan pada setiap media pembelajaran yang akan digunakan. Jika anda menggunakan media berbasis Ms office, mungkin untuk menampilkan equation tidaklah sulit. Namun bagaimana jika media pembelajaran anda berbasis web dengan menggunakan Moodle atau Edmodo ?

Tentu, akan sedikit merepotkan jika anda harus menghafal kode-kode matematika (LateX) untuk rumus-rumus tertentu, seperti berikut :

Hufh.. belum nulis aja udah pusing… 🙁

Sebenarnya ada banyak cara supaya anda tidak perlu menghafal code-code di atas, misalnya dengan mengkonversi rumus matematika (equation) menjadi kode LaTeX melalui http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php atau pada situs-situs penyedia konversi Equation ke LaTeX yang ada.

Pada Equation Editor tersebut, biasanya kode equation akan dikonversi menjadi kode dalam format .gif/png/swf dan seterusnya (anda bisa memilih sesuai dengan keinginan). Kemudian anda bisa mendownload file hasil konversian atau meng-copy dan paste kode latex-nya, dan menyisipkannya ke media berbasis web dengan menggunakan tag [img] atau [math] [/math].

Berikut tampilan panel Equation pada umumnya :

Bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan panel Equation (seperti saia.. :D) , mungkin akan bingung dengan fitur Equation di atas (kecuali guru matematika, pasti udah familiar ya… )

Maka untuk itulah tulisan saya ini ada…. 😉 Saya ingin berbagi cara menampilkan Rumus Matematika / Equation menggunakan kode LaTeX dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Saya jamin anda pasti suka!!!

Berikut langkah-langkahnya :

1. Bukalah browser anda dan ketik URL http://webdemo.visionobjects.com

2. Tuliskan rumus matematika yang anda inginkan dengan menggunakan mouse (dragging mouse) pada Equation Editor (halaman kotak-kotak). Lihat gambar berikut :

Ketika anda menuliskan Rumus Matematika pada editor di atas, maka secara otomatis rumus akan dikonversikan ke dalam Simbol matematika yang sebenarnya dan dalam kode LaTeX (lihat bagian bawah sebelah kanan dan kiri)

3. Langkah selanjutnya adalah mencopy kode LaTeX untuk rumus matematika yang baru saja anda tuliskan, pada bagian kanan bawah (pada tab LaTeX). Klik kanan, pilih Copy.

4. Selanjutnya anda bisa menempelkan (paste) kode LaTeX tersebut pada media ajar (baik quiz maupun postingan) di Edmodo, dengan cara menuliskannya di antara tag [math] [/math] seperti berikut :

[math] x=\dfrac {\sqrt {14}4} {2}\times \left( y+12\right) [/math]

Dan lihatlah hasilnya, Rumus Matematika yang se-njelimet apapun, bisa anda tuliskan Web Equation dan kemudian anda tampilkan pada Edmodo dengan sangat mudah dan cepat !!! Seru ‘kan??

Mudah2an bermanfaat 😀

Selanjutnya… gimana cara menampilkan Equation (LaTeX) pada Bahan Ajar / Quiz berbasis Moodle ??? Ikuti tulisan saya selanjutnya 😛