Pengalaman menjadi fasilitator/trainer selama lebih dari 10 tahun ternyata tidak cukup membuat saya merasa percaya diri untuk memfasilitasi para guru dalam belajar mengembangkan media pembelajaran secara online. Bukan karena saya merasa tidak mampu, namun lebih pada perasaan khawatir, jika saya tidak bisa memberikan pelayanan yang baik, mengingat saya tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam meng-handle pelatihan online 🙁

Namun, berbekal niat dan “tekat” untuk melawan ketakutan dan kekhawatiran itu, saya mencoba untuk membuka diri, melayani pelatihan online melalui Kelas Maya Kemdikbud. Kebetulan kami semua Calon Duta Rumah Belajar mendapatkan kesempatan dari Pustekkom untuk mensosialisasikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemdikbud melalui pelatihan online. Support dari Pustekkom inilah yang membuat saya merasa optimis bisa melaksanakan pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK (PembaTIK) online ini.

Pada pelatihan ini, pendaftaran dilaksanakan melalui aplikasi SIMPATIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK). Sedangkan pelaksanaan pelatihan dilaksanakan melalui Kelas Maya dengan akun Penyelenggara Guru Indonesia. Akun penyelenggara Guru Indonesia merupakan akun dummy yang saya buat dan beranggotakan para guru yang mengikuti pelatihan PembaTIK Online yang saya moderasi.

Kelas Maya PEMBATIK Online

Kedua teknis pelatihan yang dilakukan melalui aplikasi di bawah domain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini membuat saya bersemangat dan lumayan pede..hehe. Karena secara tidak langsung saya mewakili Pustekkom bertugas untuk mensosialisasikan dan mengenalkan Portal Rumah Belajar melalui pelatihan ini, sehingga saya musti melaksanakan dan memberikan pelayanan yang baik pada peserta 😛

Selanjutnya saya mulai menjaring peserta dengan cara mempromosikan pelatihan yang akan saya moderasi melalui sosial media facebook dan instagram, sekaligus mengajak peserta yang akan mengikuti pelatihan untuk mendaftar secara online. Saya ingin sekali memberi kesan pada peserta bahwa meskipun pelatihan ini bersifat suka rela (tanpa sertifikat pelatihan) dan non komersil alias bersifat gratis, namun pelatihan ini dilaksanakan secara profesional layaknya pelatihan-pelatihan berbayar lainnya.
Jujur, saya secara pribadi merasa kurang nyaman jika mengadakan pelatihan yang asal-asalan (hanya karena kejar target), tanpa mempertimbangkan kualitas output peserta yang berupa peningkatan kompetensi sesuai dengan tujuan pelatihan 🙂

Berbekal pengalaman teknis pelatihan PEMBATIK level 1 dan 2, akhirnya saya mencoba menerapkan teknis pelatihan online yang setidaknya mirip dengan pelatihan PEMBATIK level 1 dan 2, yang juga dilaksanakan secara online oleh Pustekkom (baca Mari Menjadi Duta Rumah Belajar!), sehingga teman-teman guru yang kemarin mungkin belum berkesempatan untuk mengikutinya, bisa mendapatkan pelatihan serupa melalui pelatihan PembaTIK yang saya fasilitasi ini.

Singkat cerita, akhirnya saya mulai menjoki 2 pelatihan PEMBATIK Online, yaitu Batch-1 dan Batch-2. PEMBATIK Batch-1 dilaksanakan tanggal 09-17 Agustus 2018, sedangkan PEMBATIK Batch-2 adalah tanggal 22-29 Agustus 2018. Pada PEMBATIK Batch-1, saya memfasilitasi sekitar 27 peserta, sedangkan pada PEMBATIK Batch-2, terdapat 26 peserta pelatihan. Memang tidak banyak peserta yang mengikuti pelatihan online setiap batch-nya, namun menurut saya ini adalah jumlah yang ideal untuk sebuah kelas.

Peserta pelatihan ini berasal dari daerah di seluruh Indonesia dari jenjang SD/SMP/SMA/MA/SMK dan beberapa dosen dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Daftar peserta PembaTIK Batch-1 dan 2 dapat dilihat disini. Pelaksanaan pelatihan pada Kelas Maya saya bagi menjadi 4 kegiatan belajar, yaitu:

  • Kegiatan Belajar 1 : Welcoming SessionPanduan Teknis Pelaksanaan Pelatihan
  • Kegiatan Belajar 2 : Literasi TIK dan Perancangan RPP Terintegrasi TIK 
  • Kegiatan Belajar 3 : Pembuatan Video Pembelajaran Terintegrasi TIK
  • Kegiatan Belajar 4 : Pemanfaatan Kelas Maya untuk pembelajaran

Pada setiap kegiatan belajar, peserta akan mendapatkan modul yang berupa file PPT, PDF dan Video. Dari modul yang saya sampaikan pada setiap kegiatan belajar ini, diharapkan peserta dapat belajar secara mandiri dan menerapkan materi pelatihan pada proses pembelajaran di kelas, melalui pendampingan trainer (saya sendiri) yang selalu standby via Whatsapp 😛

Tampilan Kelas Maya – PembaTIK Online Batch-2

Selain mendapatkan materi, peserta pelatihan online juga mendapatkan penugasan berupa kuis interaktif dan tugas proyek pada setiap akhir kegiatan belajar. Bentuk penugasan pada masing-masing kegiatan belajar tersebut adalah:

  • Kegiatan Belajar 1 : Kuis Interaktif (wajib) dan Penyusunan RPP terintegrasi TIK (optional/recommended)
  • Kegiatan Belajar 2 : Kuis Interaktif (wajib)dan Pembuatan video pembelajaran penerapan RPP (optional/recommended)
  • Kegiatan Belajar 3 : Kuis Interaktif (wajib) dan Pembuatan Kelas Maya untuk pembelajaran (wajib)

Masing-masing bentuk penugasan memiliki ketentuan dan bobot penilaian sebagai berikut:

1. Kuis Interaktif

  • Bersifat Wajib
  • Dikerjakan secara online
  • Waktu pengerjaan kuis dapat dilakukan sesuai dengan batas waktu yang disediakan
  • Kuis terdiri atas 10 soal yang mencakup semua materi yang diberikan pada tiap kegiatan belajar
  • Bobot kuis 10%

2. Tugas Proyek

  • Bersifat optional (Recommended)
  • Dikerjakan secara offline
  • Bentuk proyek -> Penyusunan RPP terintegrasi TIK (pdf), Pembuatan Video Pembelajaran (link video Youtube) dan Kelas Maya untuk Pembelajaran di Kelas
  • Dilakukan secara mandiri oleh peserta melalui pendampingan trainer pelatihan
  • Bobot tugas proyek 90% dengan sebaran sebagai berikut:

Hasil kuis interaktif dan tugas proyek akan dijadikan acuan untuk menentukan kelulusan peserta dengan batas nilai ketuntasan minimal 70.

Selanjutnya untuk menambah semangat peserta dalam belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan, 5 peserta terbaik akan mendapatkan reward berupa E-Book “Pengembangan Bahan Ajar menggunakan Articulate Storyline” untuk peserta Batch-1 dan Buku Cetak “Membangun E-Learning Menggunakan Moodle 2” untuk 5 peserta terbaik pada Batch-2. Ohya, Selain menggunakan Kelas Maya, saya juga menggunakan Whatsapp sebagai media konsultasi dan berdiskusi seputar penugasan yang diterima oleh peserta.

Banyak pengalaman seru yang saya dapatkan melalui pelatihan online ini, terutama pengalaman dalam usaha saya untuk bisa menjadi seorang fasilitator yang melayani kebutuhan peserta dalam belajar. Pengalaman untuk berlatih sabar dalam menjawab semua pertanyaan peserta.. hehe.

Secara umum, pelaksanaan pelatihan PembaTIK batch-1 dan 2 ini berlangsung dengan lancar, meski ada beberapa kendala teknis yang terjadi, seperti penggunaan Kuis interaktif pada Kelas Maya yang pada saat pelaksanaan batch-1 masih belum berjalan secara optimal. Sehingga ada beberapa peserta yang agak panik karena permasalahan ini 😀

Fortunately, selama pelaksanaan pelatihan saya selalu berkomunikasi dengan pihak Pustekkom (dalam hal ini Bu Ai Nurhayati selaku salah satu tim pengembang Kelas Maya) yang siap membantu saya saat ada trouble dalam pelaksanaan pelatihan, terutama penggunaan Kelas Maya. Komunikasi yang baik ini membuat semua kendala teknis yang terjadi selama pelatihan dapat segera saya sampaikan kepada peserta dan pelaksanaan pelatihan tetap berjalan kondusif. Saat tulisan ini di-publish, kegiatan belajar pada pelatihan PEMBATIK Online Batch-2 masih berlangsung. Animo yang tinggi terhadap pelaksanaan PEMBATIK Online ini membuat saya membuka kembali Pelatihan online Pemanfaatan E-Learning Kelas Maya dan Portal Rumah Belajar – Batch 3. Jadi untuk teman-teman yang belum sempat mengikuti pelatihan PEMBATIK Online batch-1 dan 2 bisa mendaftar pada batch-3.

Hal penting yang membuat saya sangat terharu dalam memfasilitasi pelatihan ini adalah semangat dan antusias para peserta dalam mengikuti pelatihan yang diwujudkan dalam keaktifan peserta dalam mengakses materi dan mengirimkan semua tugas yang saya diberikan. Hal ini sungguh di luar dugaan mengingat pelatihan ini benar-benar murni bersifat suka rela dan tidak ada sertifikat yang akan mereka terima, kecuali reward berupa buku karya saya 🙂

Oleh sebab itu, kiranya tidak berlebihan apabila saya ucapkan terima kasih kepada semua peserta pelatihan yang telah berkenan belajar bersama saya :). Terima kasih tak terhingga juga saya sampaikan kepada Ibu Ai Nurhayati, Mas Deny dan Mas Dwi selaku tim pengembang Kelas Maya yang selalu sigap merespon keluhan-keluhan saya 🙂 Semoga semua amal baik kita membawa berkah dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin Ya Rabbal ‘Alamin..

Daftar Hasil Penugasan Kelas Maya Batch-1