Dari 2 pembahasan yang lalu, this site Wirecast : E-Learning Berbasis Video Streaming (1) dan  Wirecast : Menambahkan Source Microphone pada Shot (2), approved anda sudah bisa menambahkan Shot (layer) dari Camera dan Media secara terpisah.

Kali ini kita  akan belajar untuk menambahkan Shot dari kedua Sumber tersebut dan kita tempatkan pada satu layer (shot), troche supaya ketika Bahan ajar (Media Presentasi) kita tampil, kita masih bisa melihat Wajah kita.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Copy-lah layer (shot) yang sudah ada (layer yang memiliki pengaturan yang sesuai dengan yang anda inginkan, misalnya layer yang berisi Media Presentasi) dengan cara klik kanan layer  (shot) yang dimaksud > Pilih Duplicate shot. Maka layer baru yang sama persis akan ditambahkan di sebelah kanannya.

2. Double klik layer (shot) tersebut untuk mengeditnya.

3. Pada bagian Source, klik tombol plus (+) pada bagian paling kiri, untuk menambahkan source baru. Maka akan source baru [No Media] akan ditambahkan.
4. Untuk menambahkan Source dari Camera, aktifkan Source [no Media], dan klik gambar Source dari camera yang sudah ada di sebelah kanannya. Maka pada layer source [no media] akan ditambahkan Source dari camera.

Source yang baru saja anda tambahkan akan menutupi source lain yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, lakukan pengaturan terhadap source yang baru anda tambahkan dengan cara :

  • Untuk mengubah ukuran, Pastikan source tersebut aktif (klik source yang bersangkutan), dan tekan tombol ALT + drag mouse ke kiri atau ke kanan untuk mengecilkan atau memperbesar.
  • Untuk mengubah posisi source yang aktif, draglah ke posisi yang diinginkan, misalnya ke bagian pojok atas, pojok bawah dan seterusnya.
  • Untuk menghilangkan background gambar kita, klik ikon Configure chroma key attributes dan beri tanda checklist pada pilihan Use chroma key
  • Untuk menambahkan visual effect pada tampilan gambar dari kamera, klilk ikon Configure visual effect.

Maka pada sisi-sisi gambar akan diberi Efek sesuai dengan yang sudah anda pilih.

 5. Jika sudah selesai, klik tombol Close (X) untuk menutupnya dan kembali ke jendela utama wirecast.

Lihatlah hasilnya dengan menjalankan setiap layer secara berurutan (dengan cara mengeklik layer2 tersebut) sebelum direcord/broadcast.

Mudah-mudahan bermanfaat 🙂