Melanjutkan kegiatan wokshop simulasi digital guru SMK Kab. Jombang tahap 1, more about kali ini semua peserta diboyong oleh 3 bus menuju ke Hotel Vanda Trawas, information pills Mojokerto. Seperti kegiatan 2 hari sebelumnya, no rx workshop ini diikuti oleh sekitar 150 orang guru simulasi digital dari SMK se Kab. Jombang.
Tak lebih dari 2 jam kami menempuh perjalanan dari Jombang menuju Trawas, maka…saat ini kami telah berada di Aula Manggala Hotel Vanda, dan siap untuk memulai acara workshop ini.

Peserta workshop Simulasi Digital di Hotel Vanda 

Agenda penyampaian materi yang cukup padat mengharuskan para fasilitator sedikit mengencangkan waktu dari kegiatan bersantai ria dan segera membuka acara, dengan menyampaikan sisa materi simulasi digital yang belum disampaikan pada kegiatan sebelumnya.

Dan tepat pukul 14.00, oleh Ibu Lin Mulyati, peserta diperkenalkan dengan aplikasi grafis 3D Blender dalam materi Visualisasi Konsep yang dimulai dengan pengenalan basic 3D, Navigasi dan View, basic manipulator, move dan selection dan seterusnya.

Pada sesi ini, peserta juga dipandu untuk mengerjakan latihan soal praktik dasar yang sudah disiapkan oleh peserta, sekaligus dijelaskan bagaimana teknis mengajarkan materi praktek ini (kepada siswa) agar peserta benar-benar dapat menerapkannya dalam pembelajaran.

Usai penyampaian materi Blender, para peserta dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan guna melakukan pengambilan gambar/video yang nantinya akan diolah pada sesi pembuatan video presentasi, yang disampaikan oleh Bpk Misbahul Ulum.


Penyampaian materi video presentasi oleh Bpk. Misbahul Ulum

Materi perancangan visualisasi konsep video dan storyboard yang telah disampaikan pada kegiatan sebelumnya, mempermudah peserta untuk melakukan pengambilan video berdasarkan konsep yang sudah ditentukan. Sehingga tak lebih dari 2 jam, para peserta berhasil mengambil video dari perangkat ala kadarnya seperti perangkat kamera ataupun hand phone.
After break, peserta sudah siap kembali di aula setelah menyelesaikan sholat maghrib dan makan malam. Sesi kali ini adalah pengolahan video menggunakan screen-O-matic dan windows movie maker. Para peserta yang sebagaian besar pemula dalam pengolahan video, sangat antusias dalam mengolah video yang telah berhasil mereka dokumentasikan. Meski begitu, ada juga beberapa peserta yang mengalami kendala pada aplikasi windows movie maker-nya, sehingga harus bergabung dengan peserta lainnya 🙁

Peserta workshop Simulasi Digital 

Memasuki pukul 21.00 para peserta masih asyik dengan pengolahan video-nya dan sepertinya enggan beranjak dari tempat duduknya 😀 Namun demikian kami harus menutup acara untuk hari ini dan beristirahat… menyiapkan energi untuk esok hari.

Workshop Simulasi Digital merupakan kegiatan yang selain berupaya untuk meningkatkan kompetensi para guru pengampu mata pelajaran simulasi digital, juga bertujuan untuk menyatukan persepsi dan konsep agar materi simulasi digital, dapat disampaikan kepada siswa secara  seragam.

Penyampaian materi Blender 3D oleh Ibu Lin Mulyati

Diharapkan kegiatan diseminasi serupa juga dilakukan oleh para guru pengampu simulasi digital di daerah lain, terutama oleh para master teacher yang sudah pernah mengikuti pelatihan simulasi digital yang diadakan oleh SEAMOLEC, selaku pelopor dan pemegang lisensi untuk sertifikasi Guru Simulasi Digital. SEAMOLEC juga masih terus memberi kesempatan kepada para guru yang ingin mengembangkan kompetensinya pada mata pelajaran Simulasi Digital dengan mengadakan pelatihan berkelanjutan kepada guru simulasi digital (Info Simulasi Digital bisa disimak di http://simulasidigital.seamolec.org/

simdig-seamolec

Materi pembuatan buku digital menjadi materi terakhir yang kami sampaikan pada kegiatan workshop simulasi digital tahap 2 ini. Saya berkesempatan untuk memandu proses pembuatan buku digital menggunakan Aplikasi Sigil, mulai dari pengenalan konsep buku digital, perkembangan buku digital, jenis format buku digital, jenis aplikasi pembuat buku digital, menyiapkan modul untuk buku digital, pengenalan Sigil, eksplorasi Sigil, import text/gambar dan multimedia ke dalam buku digital, mentransfer ebook ke Tablet PC/Android, dan terakhir membaca e-book pada Tablet PC/Android.

Akhir sesi, para peserta diberi kesempatan untuk menampilkan hasil karyanya (selama 4 hari mengikuti kegiatan workshop) kepada peserta lain. Banyak video unik yang telah berhasil dibuat oleh peserta, baik yang sesuai dengan tema/konsep yang diberikan maupun tidak 😀 Meski begitu, kami patut memberikan apresiasi kepada  mereka karena telah berhasil menemukan ide/gagasan dan berhasil menyajikannya dalam bentuk visual melalui teknologi informasi.

Presentasi hasil karya peserta workshop

Semoga semua pengalaman baru yang diperoleh oleh peserta dalam kegiatan ini dapat menginspirasi mereka dalam menemukan ide-ide baru, sehingga pembelajaran Simulasi Digital yang nantinya akan disampaikan ke siswa bisa lebih berkembang, variatif dan kreatif. Amin 😀

Para narasumber workshop Simulasi Digital