Salah satu fitur yang membuat Articulate Storyline ini bisa dibilang keren adalah Variable. Dengan memahami penggunaan variable, kita dapat membuat media pembelajaran yang interaktif, [terlihat] canggih dan nggak mbosenin..haha 🙂

Tampilan media dengan menggunakan variabel 

Variabel adalah merupakan sebuah nama di dalam memory yang digunakan untuk menyimpan data. Melalui sebuah variabel ini kita dapat menyimpan informasi yang kita input-kan ke dalam media. Pada media pembelajaran, variabel biasanya digunakan untuk keperluan menyimpan:

  • Informasi data user. Misalnya, sebelum mengakses media pembelajaran, user diminta untuk mengisikan nama/email/password atau informasi lainnya.
  • Informasi berapa kali sebuah tombol diklik. Misalnya pada beberapa contoh kuis, variabel digunakan untuk mengetahui berapa kali user mengeklik sebuah jawaban yang salah (incorrect answer) untuk menentukan feedback yang akan diberikan kepada user ketika dia telah mencoba menjawab salah sebanyak 3x (misalnya),
  • Nilai hasil kuis, untuk diolah (dikombinasikan) dengan nilai hasil kuis yang lainnya, sehingga diketahui hasil score kuis secara keseluruhan.

Semua informasi yang tersimpan dalam variabel selanjutnya dapat digunakan (ditampilkan) kembali pada slide, scene atau bahkan seluruh isi project. Lebih lanjut, kita juga bisa menggunakan variabel untuk mengontrol media kita, misalnya user hanya bisa mengakses media apabila telah memasukkan username dan password dengan benar, dan seterusnya.

Berikut merupakan contoh penerapan variabel untuk mengontrol media:

Pada video di atas, user diminta untuk mengisikan nama sebelum mengakses media pembelajaran.

Pada Articulate Storyline, untuk membuat variable dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggunakan bahasa pemrograman sedikitpun. Kita hanya perlu membuat dan menggunakannya melalui sebuah Trigger.
Terdapat 3 tipe variabel pada Articulate Storyline, yaitu :

  • Text, untuk menyimpan data berupa teks/karakter
  • Numeric,  untuk menyimpan data berupa angka
  • True/False (boolean), untuk menyimpan data berupa nilai benar/salah (logika).

Note!

  • Sebuah variabel hanya dapat menampung satu data saja, sehingga apabila sebuah variabel telah memiliki nilai sebelumnya dan user ingin memberi nilai lain pada variabel tersebut, maka data pada variabel lama akan di-update dengan data terbaru.

Pada postingan selanjutnya kita akan membuat sebuah input-an sederhana yang menanyakan nama user dan menampilkan nama user tersebut pada slide berikutnya.

Baca postingan selanjutnya yaa.. Menambahkan Text Variable [2]

Referensi:
https://articulate.com/support/article/introduction-to-variables-sl2
https://community.articulate.com/series/5/articles/working-with-variables