Salah satu penerapan penggunaan variabel pada Articulate Storyline adalah untuk menyimpan score hasil kuis yang telah dikerjakan siswa. Berdasarkan score yang diperoleh inilah, kita dapat mengolah dan memanfaatkannya untuk memberi feedback kepada siswa yang bisa berupa sertifikat ketuntasan/ketidaktuntasan dalam belajar (Certificate of completion).

Contoh sertifikat ketuntasan belajar

Certificate of completion (sertifikat ketuntasan belajar) biasanya menjadi hal yang paling ditunggu oleh siswa ketika mengakses media pembelajaran. Karena melalui sertifikat ketuntasan inilah siswa dapat mengetahui laporan hasil belajarnya. Meski begitu, tidak banyak media pembelajaran berbasis desktop (offline) yang menyediakan fasilitas ini. Dengan menambahkan fasilitas sertifikat pada media Anda, maka media akan terlihat semakin interaktif dan memotivasi siswa untuk belajar dan menguji kemampuannya.

Sebelum membuat sertifikat, ada 3 hal yang biasa digunakan dalam menentukan tingkat ketuntasan belajar, yaitu berdasarkan:

  • Hasil score pertanyaan yang dijawab dengan benar (jika pada media terdapat satu kuis saja). Atau,
  • Ketuntasan siswa dalam mengerjakan soal pada semua kuis (jika pada media terdapat lebih dari satu kuis). Atau,
  • Kombinasi (total) point yang diperoleh pada seluruh kuis yang tersedia.

Membuat Sertifikat Ketuntasan Belajar

By default, hasil score kuis yang diperoleh siswa akan disimpan pada variabel tertentu yang dapat kita temukan informasinya pada Slide Result. Misalnya, kita mempunyai sebuah kuis dengan nama Uji Kompetensi 1, maka score hasil kuis tersebut akan disimpan pada variabel dengan nama seperti yang terlihat pada slide result kuis Uji Kompetensi 1 seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Tampilan variabel pada Slide Result

Pada gambar di atas, hasil score kuis dalam satuan persen (%) tersimpan pada variabel “%Results.ScorePercent%“, sedangkan hasil score kuis dalam satuan point tersimpan pada variabel ” %Results.ScorePoints%“. Begitu pula untuk kuis yang lain (apabila Anda memiliki lebih dari satu kuis), nama variabel untuk masing-masing score kuis akan tersimpan pada nama variabel yang sama, hanya dibedakan dengan nomor tertentu pada setiap variabelnya. Misalnya  %Results1.ScorePoints%,  %Results2.ScorePoints% dan seterusnya.

Daftar nama variabel yang telah digunakan pada media

Maka apabila Anda ingin menampilkan hasil kuis tersebut pada slide lain, maka anda dapat menuliskan nama variabel yang menyimpan nilai tersebut melalui menu Insert > Reference sehingga tampilannya seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Contoh menampilkan isi variabel pada slide lain

Pada contoh kali ini, kita akan menampilkan nama siswa yang tersimpan pada variabel “username”  pada sertifikat ketuntasan, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Contoh sertifikat ketuntasan belajar

Beriku langkah-langkah untuk membuatnya:

1. Siapkan slide result yang akan digunakan untuk menampilkan sertifikat (Pilih New slide > Results)

2. Pilih Edit Result Slide pada bagian kanan panel Question dan pilihlah metode yang digunakan untuk menentukan ketuntasan siswa dalam mengerjakan kuis.

Kotak dialog Result Properties

Pada bagian:

  • Calculate results for, berilah pilihan pada Selected Question jika score dihitung berdasarkan soal yang dijawab dengan benar, atau pilih Selected results slides apabila score dihitung dari total score masing-masing kuis yang ada.
  • Beri pilihan pada User must pass each quiz, apabila sertifikat hanya akan diberikan ketika user tuntas pada semua kuis, atau Combine points from each quiz, apabila sertifikat hanya akan diberikan ketika user memperoleh total point pada masing-masing kuis melebihi batas yang telah ditentukan pada passing score.

3. Selanjutnya, aktifkan layer Success  dan buatlah tampilan seperti gambar contoh sertifikat ketuntasan belajar di atas. Template sertifikat kosong dapat Anda unduh dari internet dan tambahkan teks yang diinginkan.

4. Untuk menyisipkan nama siswa, pilih Insert > Reference dan pilih nama variabel yang menyimpan nama siswa, misalnya dalam contoh ini variabel username. Atau Anda dapat mengetikkan langsung nama variabel tersebut %username%. (Baca Menambahkan Text Variable dan Menampilkan Hasil Kuis).

5. Ulangi langkah no.4 untuk variabel yang berbeda, jika ingin menampilkan hasil score kuis dan seterusnya.

6. Simpanlah project dan pilih Preview untuk melihat hasilnya.

Mudah ‘kan? Semoga bermanfaat yaa.. 😉

Referensi
https://community.articulate.com/series/5/articles/working-with-variables
https://articulate.com/support/article/introduction-to-variables-sl2
https://community.articulate.com/series/articulate-storyline-1/articles/adding-text-variables