Struktur Bahasa PASCAL
Pascal mempunyai struktur sebagai berikut:
1. Bagian Judul Program
Bagian ini digunakan untuk memberikan nama (judul) pada program. Judul yang diberikan merupakan identifier yang tidak akan mempengaruhi jalannya program. Contoh : Program Coba_aja;
2. Bagian Uses
Jika program memakai perintah (subrutin) dari unit lain, dosage maka unit tersebut harus disertakan dalam bagian ini. Jika terdapat lebih dari 1 unit, maka harus digunakan tanda koma sebagai pemisah antar unit. Unit system tidak perlu disertakn karena akan dipanggil secara langsung.
Tabel Unit-unit standar Pascal
| Nama | Fungsi |
| Crt | Menangani masalah layar dan Keyboard |
| Dos | Menangani fungsi-fungsi DOS |
| Graph | Grafik BGI(Turbo Pascal 4 ke atas) |
| Graph3 | Turtle Graphics (grafik Tubo Pascal 3) |
| Overlay | Menangani pemakaian overlay |
| Printer | Menangani keluaran ke printer |
| System | Fungsi-fungsi standar Pascal |
| Turbo3 | Fungsi-fungsi Turbo Pascal 3 |
Untuk menngunakannya harus dimulai dengan kata uses. Contoh : Uses Crt, Graph;
3. Bagian Deklarasi
a. Deklarasi tipe data (TYPE)
b. Deklarasi variabel (VAR)
c. Deklarasi konstanta (CONST)
d. Deklarasi label (LABEL)
e. Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)
4. Bagian Program Utama Perintah-perintah.
Teks Pascal setidaknya memiliki bagian Judul Program, bagian Deklarasi, dan Bagian Program Utama yang berupa perintah-perintah PASCAL.
Sedangkan untuk bagian deklarasi menyesuaikan dengan isi dari program itu sendiri.
Contoh program PASCAL:
program Menambahkan_2buah_bilangan; { Menjumlahkan dua bilangan yang nilainya diberikan dalam perintah}
var
X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat }
BEGIN { Program Utama Mulai }
X := 50; { Perintah memberikan nilai 50 pada var. X }
Y := 25; { Perintah memberikan nilai 25 pada var. Y }
Z := X + Y; { Perintah menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z}
END. { Akhir Program Utama }
Pada contoh ini nilai X dan Y tidak bisa sembarang, karena didefiniskan tertentu. Agar nilai X dan Y bisa bebas ditentukan, nilai X dan Y dibaca dari keyboard (diinputkan).
program Menambahkan_2buah_bilangan_dari_keyboard; { Menjumlahlan dua buah bilangan yang dibaca dari default input }
var
X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat }
BEGIN { Program Utama Mulai }
read(X); { Membaca nilai X lewat key-board }
read(Y); { Membaca nilai Y lewat key-board }
Z := X + Y; { Menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z }
write(Z); { Menyajikan Z ke layar monitor }
END. { Akhir Program Utama }
SOAL LATIHAN
1. Buatlah program untuk mencari data panjang dan lebar suatu persegi panjang dari keyboard. Kemudian hitunglah luas persegi panjang dan tampilkan hasilnya ke layar monitor.
Masukan : Panjang dan Lebar
Keluaran : Luas persegi panjang
Penyelesaian:
Pertama-tama Anda harus mengetahui rumus Luas persegi panjang, yaitu Luas=Panjang x Lebar.
Selanjutnya nilai dari panjang dan lebar harus diketahui terlebih dahulu (komputer akan menanyakan nilainya). Selanjutnya program akan menghitung luas persegi panjang dan menampilkan hasilnya.
Flowchart :
Listing program :
2. Buatlah program yang menanyakan Nama dan Tahun kelahiran kalian. Kemudian tampilkan ke layar Nama, Tahun Lahir dan Umur kalian. Umur diperoleh dari Rumus:
Umur = Tahun Sekarang – Tahun Lahir
Masukan : Nama, Tahun Lahir
Keluaran : Nama, Tahun & Umur
3. Buatlah program yang apabila dijalankan akan menuliskan ucapan-ucapan selamat ulang tahun kepada seorang teman.
4. Buatlah program untuk membersihkan layar monitor, lalu menampilkan nama, tanggal lahir dan alamat Anda di layar monitor. Nama, Tanggal lahir dan alamat diinputkan dari keyboard!
5. Buatlah program yang membaca suatu bilangan positif sembarang dan mencetak tiap bilangan berikut setengah dari nilainya.
Masukan : Bilangan
Keluaran : Bilangan dan setengath dari nilai bilangan tersebut




